Jakarta (ANTARA News) - Produsen mobil Korea Selatan diprediksi akan meluncurkan 10 model baru di tahun 2019 untuk pasar domestik guna meningkatkan penjualan, di tengah persaingan yang lebih ketat dengan pasar luar negeri, kata seorang pengamat industri.

Dilansir Yonhap pada Minggu (30/12),pengamat tersebut mengatakan bahwa model SUV masih akan terus dihadirkan oleh para produsen mobil, menemani model sedan yang juga disiapkan untuk memberi pilihan bagi konsumen. Hal ini akan baik untuk pasar secara keseluruhan.

Dari lima pembuat mobil lokal, Kia Motors Corp dan SsangYong Motor Co. akan menjadi yang pertama memperkenalkan kendaraan terbaru pada 2019.

Kia akan mulai menjual mobil MPV (multi purpose vehicle) all-new Soul, sementara SsangYong akan melepas model crossover Khan, yang merupakan pengembangan versi dari pickup Rexton Sports yang populer.

Soul generasi ketiga itu akan hadir dengan bensin turbo 1,6 liter atau varian mobil listrik. Untuk varian mobil listrik akan menggunakan paket baterai berkapasitas dua kali lipat dibanding  dengan model saat ini, serta adanya peningkatan performa mesin hingga 80 persen.

Sedangkan Soul berbahan bakar bensin akan memiliki tenaga hingga 204 tenaga kuda dan torsi 27 kilogram-force meters, dipadukan dengan transmisi kopling ganda tujuh kecepatan. Perusahaan mengklaim paduan tersebut akan meningkatkan kinerja mobil secara keseluruhan.

Kia juga berencana merilis crossover yang lebih kecil dari Stonic menjelang akhir tahun yang diharapkan dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Sementara itu, Hyundai Motor Co, mengatakan akan menjual mid-size sedan Sonata generasi ke-8 pada semester pertama, dan crossover terkecil pada periode Juli-Desember. 

SUV yang saat ini disebut dengan nama kode QX itu akan ditempatkan di bawah subkompak lima pintu Kona dan akan melengkapi jajaran crossover Hyundai, yakni Palisade, Santa Fe, Tucson dan Kona.

Hyundai mengatakan pihaknya berharap Sonata yang baru akan dapat membangkitkan kembali minat konsumen pada model mid-size sedan, lantaran Kia juga berencana untuk memperkenalkan sedan K5 pada tahun baru. K5 adalah nama domestik untuk mid-size sedan Optima yang dijual di Amerika Serikat dan beberapa tempat lainnya.

Di pasar kelas atas, Genesis yang merupakan sub-merek mewah Hyundai bersiap untuk menampilkan sedan all-new G80 dan SUV pertamanya, GV80, pada 2019.

SsangYong, unit lokal pembuat SUV asal India Mahindra & Mahindra Ltd., mengatakan bahwa selain Khan, mereka juga akan meluncurkan versi selanjutnya dari Korando C-nya, yang disebut sebagai C300, pada bulan Maret.

GM Korea Co. mengatakan akan merilis dua mobil baru di paruh pertama 2019. Perusahaan yang menjadi perpanjangan tangan dari GM Amerika Serikat itu menyebut bahwa SUV tujuh dan delapan tempat duduk Traverse serta pickup Colorado akan diboyong untuk dijual di Korea Selatan.

Sementara itu, produsen mobil asing, seperti BMW, Mercedes-Benz, Audi dan Lexus, semuanya berencana untuk memperkenalkan model baru mulai dari mobil ramah lingkungan hingga SUV pada tahun depan, di tengah popularitas mobil impor. Pembuat mobil asing diperkirakan akan memperkenalkan sekitar 20 model baru di negara ini pada tahun 2019.

Baca juga: Ekspor untuk kendaraan SUV Korea Selatan mengalami kenaikan

Baca juga: Perusahaan Korea Selatan ikut berinvestasi baterai mobil listrik di China



 

Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018