Jakarta (ANTARA News) - Penyelenggara pameran The 5th Indonesia Diecast Expo (IDE) 2018 mengumumkan pemenang lomba custom diecast pada gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 yang dihelat pada 17-18 November 2018 di Jakarta.

Sebuah miniatur Honda Civic Type-R berkonsep "Batik Racing" menjadi juara pertama. Model itu menggunakan dominasi warna oranye dan merah di atas cat dasar putih dan hitam yang membuat Civic Type-R terlihat semakin dinamis.

Honda Civic Type-R bercorak batik yang menjadi pemenang pertama di kelas custom Honda Civic Type-R skala 1:64 itu kemudian dibuatkan versi aslinya dengan skala (1:1).

Menurut penyelenggara, karya customizer asal Semarang itu memenuhi kriteria penilaian yaitu inovasi, kerapian, harmonisasi custom, fungsional dan terutama dapat diaplikasikan ke mobil Honda Civic Type-R skala aslinya (1:1).

"Ini adalah untuk pertama kalinya, sebuah diecast custom dibuatkan mobil skala aslinya atau 1:1," kata Feldani Effendy, Public Relations The 5th IDE 2018 dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/11).

"Biasanya yang dilakukan sebaliknya, dari skala asli 1:1 dibuat skala lebih kecil. Hal ini menjadi sebuah penghargaan istimewa bagi para customizer diecast dimana karyanya dapat diwujudkan dalam skala aslinya," ujar dia.

Lomba custom diecast diselenggarakan dalam dua kelas yaitu Honda Civic Type-R dan kelas Best Pro dengan total jumlah peserta hingga 70 buah diecast custom.

Babak penyisihan dilakukan pada ajang IDE 2018 lalu dan 10 finalis dari masing-masing kelas telah ditentukan untuk diumumkan juara ke-1, 2 dan 3 di ajang IMX 2018.

Baca juga: Tips memotret diecast

Para pemenang:

Kelas Honda Civic Type-R:
Juara 1: Alanis asal Semarang, mendapatkan hadiah berupa re-trimmed full interior untuk mobil mid-size dari Virtue Concept dengan material AP Force

Juara 2: Kenzgarage asal Bandung, mendapatkan hadiah berupa AEG Power Tools B380RE dan 2 buah Ban GT Radial Champiro HPY 225/40/R18

Juara 3: Kenzgarage asal Bandung, mendapatkan hadiah berupa Rubber Paint Plastidip Performix 3,8 Liter Blue Colour

Kelas Best Pro:
Juara 1: Kenzgarage asal Bandung, mendapatkan hadiah berupa velg JF Luxury Wheels 16 inci

Juara 2: Kenzgarage asal Bandung, mendapatkan hadiah berupa AEG Power Tools B380RE dan 2 buah Ban GT Radial Champiro HPY 255/35/R19

Juara 3: Kenzgarage asal Bandung, mendapatkan hadiah berupa Rubber Paint Plastidip Performix 3,8 Liter Blue Colour

Baca juga: Diecast LaFerrari edisi khusus laku Rp3,1 juta
Pewarta:
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018