Jakarta (ANTARA) - Bukan menjadi rahasia di kalangan pehobi mainan dan miniatur otomotif (diecaster), bahwa pada pameran diecast selalu akan menghadirkan deretan diecast langka setiap tahunnya.

Pada gelaran keenam acara Indonesia Diecast Expo (IDE) 2019, akan terdapat empat diecast edisi khusus (event car) dengan nilai tinggi yang akan dipamerkan, di antaranya customized Hot Wheels 1990 Honda Civic EF hingga Morris Mini, yang pada beberapa nomor khusus memiliki detail custom spesial buatan tangan (handmade).

"Event car IDE 2019 ini bisa dibilang ‘Amazing’ sebagaimana tema acara tahun ini," kata Feldani Effendy, Public Relations IDE 2019 dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Bukan cuma pria, Indonesia Diecast Expo targetkan "diecaster" wanita

Baca juga: Enam inspirasi modifikasi Xpander, model diecast hingga rally


"Karena pada beberapa event car dengan nomor cantik, bagian detail custom-nya betul-betul dibuat secara khusus dan handmade oleh salah seorang customizer diecast terkemuka di Indonesia. Hal ini jelas memberikan nilai investasi istimewa bagi mereka yang beruntung dapat memilikinya," tambahnya.

Selain diecast Hotwheels Honda Civic EF dan Morris Mini, event car lainnya adalah Volkswagen Drag Bus dan Nissan Skyline 2000 GT-R. Diecast edisi langka dengan nomor urut spesial diklaim dapat terjual dengan nilai yang fantastis.

Sementara itu, pameran diecast terbesar di Indonesia yakni Indonesia Diecast Expo (IDE) 2019 akan kembali digelar untuk keenam kalinya pada 26-27 Oktober di Hall 3A ICE, BSD City, Tangerang Selatan.

Baca juga: Civic Type-R bercorak batik juara custom diecast 2018

Baca juga: "Mobil berotot" jadi tema Diecast Expo 2017


IDE 2019 tak hanya menampilkan koleksi diecast, tetapi akan juga menghadirkan mobil-mobil skala 1:1, lomba balap diecast, lomba custom diecast yang istimewa hingga acara eksklusif dengan para diecaster terkemuka internasional seperti Brendon Vetuskey, Christian Coujin, dan Jun Imai.

Acara yang akan digelar selama dua hari ini memiliki tiket masuk seharga Rp50 ribu rupiah per orang.

Baca juga: Indonesia Diecast Expo akan hadir untuk kelima kalinya

Baca juga: Pemerintah diminta lirik potensi industri diecast

Pewarta: A087
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019