Jakarta (ANTARA News) - Penyelenggara pameran diecast, Indonesia Diecast Expo (IDE), berharap pemerintah turut mengembangkan industri minatur mainan ini karena memiliki potensi ekonomi yang besar.

"Diecast merupakan industri potensial yang harusnya mendapatkan perhatian dari pemerintah. Sebenarnya tidak hanya pemerintah, kami ekspektasinya juga para investor," kata Ketua Penyelenggara IDE 2016 Arya Lembana di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, Indonesia berpotensi memproduksi diecast sendiri karena mempunyai bahan baku dan sumber daya manusia potensial yang terlihat dari banyaknya customizer diecast.

"Kita memiliki Asosiasi Importir Mainan Indonesia, kenapa harus impor? Kita pada dasarnya mampu. Jadi harapan kami, pemerintah atau investor dapat mendorong diecast dapat menjadi industri lokal. Kami berharap, ada Hotwheels versi Indonesia, mungkin namanya Mobilan," kata Arya.

Potensi ekonomi diecast juga terlihat dari perhelatan IDE 2016 yang diminati pengunjung. Tahun ini, penyelenggara optimistis dapat menarik 15.000 pengunjung, atau naik dari jumlah pengunjung tahun lalu sejumlah 10.000 orang.

"IDE ini diharapkan sebagai umpan bagi pemerintah atau investor bahwa diecast merupakan industri yang potensial," ujar Arya.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016