Jakarta (ANTARA News) - Ribuan orang memadati Hall 8 Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang untuk melihat sekaligus berburu aneka ragam miniatur mainan (diecast) yang dipamerkan dalam acara Indonesia Diecast Expo 2018, Sabtu.

Acara yang berlangsung mulai tanggal 3 hingga 4 November itu menghadirkan lebih dari 80 pelapak dan 20 komunitas pecinta diecast. Mereka memamerkan berbagai jenis diecast, seperti mobil, bus, truk, kereta, tank, pesawat terbang hingga action figure.

Rupa-rupa diecast yang ditampilkan di atas area seluas 5000 meter persegi itu sukses menjadi buruan pengunjung yang berasal dari beragam kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, baik pria maupun wanita.

Adanya kompetisi kustom mobil, perlombaan balap, lelang diecast edisi terbatas, hingga hadirnya sosok diecaster ternama dari luar negeri menambah kemeriahan pameran yang pada penyelenggaraan tahun ini didukung penuh oleh Shopee Indonesia tersebut.
 
Salah seorang penjual yang berpartisipasi dalam Indonesia Diecast Expo 2018 di ICE BSD Tangerang, Sabtu 3/11/2018 (ANTARA News/Fathur Rochman)


Jessica, salah seorang pengunjung mengatakan dirinya sangat antusias menghadiri pameran miniatur yang telah terselenggara untuk kelima kalinya tersebut. Menurut dia, IDE 2018 merupakan pameran miniatur mainan terlengkap yang pernah dia datangi.

"Kalau buat aku yang memang hobi koleksi diecast, IDE 2018 itu kayak surga banget sih. Di sini mau cari mainan jenis apa saja ada. Lengkap banget sih menurut aku," ujarnya kepada Antara.

Perempuan berwajah oriental itu datang mencari box penyimpanan untuk diecast mobil hot wheels miliknya. Selain itu, dia juga mencari miniatur mobil yang dirasa unik dan cocok untuk menjadi koleksi.

"Sekalian cari mobil yang unik juga. Siapa tahu bisa nemu yang langka tapi harganya murah," ucapnya.

Pengunjung lainnya bernama Jaya mengatakan bahwa dirinya telah rutin menghadiri IDE sejak 3 tahun terakhir. Untuk tahun ini, kolektor miniatur mobil asal Jakarta itu mencari diecast mobil hot wheels model Mini Chopper, Datsun dan juga Ferrari.

Public Relations IDE 2018, Feldani Effendy mengatakan bahwa penyelenggaraan pameran pada tahun ini dibuat lebih "fantastis" dibanding tahun-tahun sebelumnya. Di tahun 2018, pameran dihelat di ICE BSD yang notabene memiliki area yang lebih luas dibanding dengan Balai Kartini, tempat digelarnya IDE sebelumnya.
 
Salah satu komunitas yang menghadirkan mobil skala 1:1 dalam Indonesia Diecast Expo 2018 di ICE BSD Tangerang, Sabtu 3/11/2018 (ANTARA News/Fathur Rochman)


Para pelapak dan komunitas juga dinilai lebih serius dalam keikutsertaannya di pameran kali ini. "Contohnya, sekarang keterlibatan komunitas itu lebih serius. Mereka sampai membawa mobil yang skala 1:1-nya. Jadi memang (IDE) yang kelima ini fantastis, dari segi tempat, konten dan juga pengunjung yang diharapkan bisa meningkat dari tahun sebelumnya," ujar Feldani.

Jumlah pengunjung IDE dari tahun ke tahun memang selalu meningkat. Dari data yang disebutkan oleh Feldany, pada penyelenggaraan pertama di tahun 2014, pengunjung yang hadir berjumlah 10 ribu orang. Sementara pada tahun lalu, jumlahnya meningkat menjadi 14 ribu pengunjung. 

Baca juga: Diecast LaFerrari edisi khusus laku Rp3,1 juta

Baca juga: Diecast Expo 2018 hadirkan tokoh spesial

Baca juga: Indonesia Diecast Expo akan hadir untuk kelima kalinya

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018