Jakarta (ANTARA news)  - Toyota telah menarik (recall) lebih dari 1 juta kendaraan terkait permasalahan pada kantong udara (air bag).  Permasalahan yang timbul antara lain adanya kemungkinan kantong udara mengembang, bahkan ketika mobil tidak mengalami kecelakaan.

Dilansir Fortune, Jumat (2/11), penarikan kembali hanya berdampak pada sejumlah kecil kendaraan di Amerika Serikat, khususnya 17.000 kendaraan Scion xA yang dibuat antara tahun 2004 dan 2006.

Toyota mengatakan masalah itu terjadi karena arus pendek listrik pada kendaraan yang merusak sirkuit sehingga menonaktifkan kantong udara atau justru menyebabkan kantung udara mengembang. 

Kendaraan lain yang terkena dampak penarikan, terutama di Jepang dan Eropa antara lain Isis, Avensis, Avensis Wagon, Allex, ist, Wish, Corolla, Corolla Spacio, Corollo Verso, Corolla Fielder, Corolla Runx, dan Sienta, yang diproduksi antara Juli 2002 hingga Juni 2015, laporan ABC News.

Baca juga: Subaru akan tarik ratusan ribu mobil, termasuk BRZ dan Toyota 86

Baca juga: Toyota akan tarik 1 juta mobil hibrid terkait masalah perkabelan


Pemilik dari kendaraan yang ditarik akan diberitahu tentang penarikan pada bulan Desember. Diler juga akan mengganti unit kontrol kantong udara di kendaraan yang terkena dampak tanpa biaya.

Bulan lalu Toyota juga menarik tiga juta Prius hibrida karena kesalahan perangkat lunak yang dapat menyebabkan kendaraan jatuh. Penarikan itu mewakili salah satu penarikan kendaraan terbesar yang pernah ada untuk Toyota.

Toyota belum mengungkapkan apakah penarikan terbaru itu telah mengakibatkan kecelakaan atau cidera. 

Baca juga: SUV bekas tarik minat pengguna City Car

Baca juga: New Yaris tampil cerah, tarik perhatian konsumen muda

Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018