Jakarta (ANTARA News) - Ford melakukan penarikan kembali (recall) untuk sekitar 1,5 juta kendaraan Ford Focus 2012-2018 yang dilengkapi dengan 2.0-liter GDI dan 2.0-liter GTDI engine dengan katup pembersihan tabung yang tidak berfungsi.

Ford, dalam pernyataan resminya di Dearborn, Michigan pada Jumat WIB mengatakan, kendaraan yang terkena penarikan ini dilengkapi dengan katup pembersihan tabung yang dapat terjebak dalam posisi terbuka. Jika masalah ini terjadi, kekosongan yang berlebihan dalam sistem bahan bakar dapat menyebabkan deformasi tangki bahan bakar plastik pada kendaraan.

Akibatnya, kerusakan berdampak pada lampu indikator atau pengukur bahan bakar yang tidak akurat. Hal ini dapat menyebabkan matinya kendaraan sehingga tidak mampu untuk menyalakan kembali kendaraan, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan.
 
Kendati demikian, sampai berita ini diturunkan Ford tidak mengetahui adanya kecelakaan, cedera atau kebakaran sebagai akibat dari kondisi ini.

Kendaraan yang terkena dampak penarikan termasuk 2.012.000 Ford Focus 2.0 liter GDI kendaraan yang diproduksi di Michigan Assembly Plant sebelum 13 April 2017 dan 2.0 liter GTDI kendaraan yang diproduksi sebelum 2 Februari 2018.

Terdapat sekitar 1.463.389 kendaraan di Amerika Utara yang berkaitan dengan masalah ini, dengan 1.282.596 di Amerika Serikat dan wilayah federalisasi, 136.272 di Kanada dan 44.521 di Meksiko. Nomor referensi Ford untuk penarikan ini adalah 18S32.

Dealer akan memprogram ulang modul kontrol powertrain dengan perangkat lunak baru yang akan mendeteksi katup pembersihan tabung yang rusak dan mencegah kemungkinan kondisi vakum sistem uap bahan bakar yang berlebihan.

Dealer juga akan memeriksa dan mengganti katup pembersihan tabung, tabung karbon, tangki bahan bakar dan modul pengiriman bahan bakar, jika diperlukan. Tidak akan ada biaya untuk layanan ini. Pelanggan harus menjaga setidaknya setengah tangki bahan bakar sampai penarikan selesai.


Baca juga: Laba Ford turun karena pelemahan di pasar China

Baca juga: Aston Martin buka studio desain di China

Baca juga: Tesla naikkan harga mobil termurahnya, lima hari setelah diumumkan

Penerjemah: Chairul Rohman
Copyright © ANTARA 2018