Jakarta (ANTARA News) - Indonesia Diecast Expo (IDE) akan menghadirkan bintang spesial di kalangan diecaster, Jun Imai, saat jamuan makan malam dalam "An Evening with Jun Imai" yang digelar pada 3 November, bekerjasama dengan International Datsun Diecast (DID).

Pria asal Jepang ini terkenal karena telah menciptakan berbagai macam model Hot Wheels yang menjadi incaran para kolektor di seluruh dunia, salah satu yang ikonik adalah model Datsun Bluebird 510.

Antusiasme yang begitu besar dari pecinta diecast di Indonesia ini yang menjadikan Shopee menilai bahwa pasar diecast di Indonesia memiliki potensi yang cukup baik.

“Kategori diecast merupakan salah satu kategori yang semakin dinikmati oleh konsumen belanja online. Sebagai e-commerce yang selalu ingin berinovasi dan memberikan kesan berbeda, menurut kami kolaborasi dengan IDE 2018 adalah hal yang tepat bagi kami untuk mendekatkan diri dengan konsumen," kata Country Brand Manager Shopee Indonesia, Rezki Yanuar dalam keterangan pers yang diterima Antara, Rabu.

Tidak hanya sebagai ajang jual beli dan tatap muka penggemar diecast, IDE 2018 juga mengadakan kompetisi custom diecast bekerjasama dengan Indonesia Modification Expo (IMX) yang digagas oleh National Modification Custom Competition.

Kelas type-R akan menampilkan diecast dari Honda Civic Type-R FK8 dengan skala 1:64 untuk semua merek diecast, serta kelas Best Pro yang mempertarungkan kompetisi custom diecast berskala 1:64 untuk semua jenis dan merk.
 
Lebih menariknya, khusus untuk kelas Custom Type-R, setelah dipilih 10 hasil custom terbaik di ajang IDE 2018, pengumuman pemenang pertama akan dilakukan di ajang IMX 2018 pada tanggal 17-18 November 2018 dengan menampilkan sosok Honda Civic Type-R hasil custom dalam wujud mobil berskala asli atau 1:1.

"Mewujudkan hasil custom sebuah diecast dalam wujud 1:1 menjadi apresiasi yang istimewa bagi para customizer diecast. Ini adalah untuk pertama kalinya dilakukan, dan menjadi sebuah benang merah yang nyata bahwa dunia diecast dan otomotif adalah sebuah kesatuan,” tegas Feldani. 

Untuk kelas Custom Type-R akan dipilih 10 hasil custom yang terbaik di ajang IDE 2018, yang akan diumumkan di ajang IMX pada tanggal 17-18 November 2018 dengan menampilkan sosok Honda Civic Type-R berskala 1:.

“Mewujudkan hasil custom sebuah diecast dalam wujud 1:1 menjadi apresiasi yang istimewa bagi para customizer diecast. Ini adalah untuk pertama kalinya dilakukan, dan menjadi sebuah benang merah yang nyata bahwa dunia diecast dan otomotif adalah sebuah kesatuan,” kata Feldani. 

Sebagai sebuah tradisi yang dilakukan sejak IDE pertama, pada IDE 2018 kali ini juga akan mengumpulkan donasi dari para kolektor, komunitas, dan pengunjung yang hadir untuk senantiasa mendonasikan sebagian koleksinya untuk dilelang. Jumlah yang terkumpul akan disalurkan seluruhnya kepada yayasan yang telah ditunjuk pihak penyelenggara.

Khusus untuk penyelenggaraan IDE 2018 kali ini, sumbangan yang terkumpul juga akan disumbangkan kepada para korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, serta korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Baca juga: "Mobil berotot" jadi tema Diecast Expo 2017

Baca juga: Pemerintah diminta lirik potensi industri diecast

Baca juga: Media sosial tunjang bertumbuhnya komunitas mainan diecast
Pewarta:
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018