Jakarta (ANTARA News) - Volkswagen siap untuk mendukung pembaruan atau perbaikan (retrofit) untuk kendaraan yang lebih tua, dan menawarkan insentif kepada pengemudi untuk menukar beberapa mobil diesel yang lebih tua dengan yang lebih baru, kata orang yang akrab dengan masalah itu, Jumat

Dilansir Reuters, Kamis, Chief Executive VW Herbert Diess telah berjanji mendukung solusi untuk membantu mendanai pemasangan filter pembuangan yang lebih efektif selama percakapan dengan Menteri Transportasi Jerman Andreas Scheuer, kata Spiegel Online Jerman, Rabu.

kesepakatan itu muncul karena pemerintah Jerman akan mengadakan konferensi tingkat tinggi diesel pada Jumat dengan Scheuer, yang telah mengesampingkan kontribusi pembayar pajak untuk kemungkinan pembaharuan (kendaraannya).

Baca juga: Ford lakukan pembicaraan dengan VW dan Mahindra untuk pangkas biaya

Volkswagen sebelumnya telah menolak proposal bahwa pembuat mobil harus membeli kembali kendaraan diesel yang lebih tua, kata sumber itu lebih lanjut.

Namun VW menyetujui untuk menyesuaikan mobil diesel yang lebih tua dengan konverter katalitik yang lebih baik, membalikkan posisinya dan tunduk pada tekanan politik yang meningkat dalam tiga tahun terakhir sejak skandal kecurangan emisi, kata Speiegel Online.

Kota-kota di Jerman telah digugat oleh kelompok-kelompok lingkungan hidup karena berulang kali melanggar aturan udara bersih Eropa. Hal itu menyebabkan pengadilan setempat mengusulkan pelarangan mobil diesel yang lebih tua, sebagai cara untuk mengurangi polusi dari materi partikulat dan nitrogen oksida.

Pembuat mobil saat ini berlomba-lomba menghindari "tumpukan" kendaraan diesel.

Baca juga: Volkswagen kembali hadapi gugatan terkait skandal emisi
 

Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018