Jakarta (ANTARA News) - Toyota Motor Corporation dan Toyota Motor Hokkaido Inc memberikan bantuan sebesar 20juta yen untuk membantu memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh gempa bumi di Hokkaido yang terjadi pada awal September 2018 lalu.

Bantuan itu disalurkan melalui organisasi bantuan Japan Platform dan Central Community Chest Jepang, sebagai dana bantuan darurat untuk wilayah yang terkena dampak.

"Toyota menyampaikan simpati sepenuh hati kepada mereka yang berada di sekitar wilayah Hokkaido dan terkena dampak gempa bumi parah yang terjadi awal September 2018," tulis pernyataan resmi Toyota, sebagaimana dikutip dari Newsroom Toyota, Jumat.

Toyota Motor Hokkaido Inc juga mengirim sukarelawan ke daerah-daerah yang terkena dampak bencana. Pengiriman relawan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan di daerah-daerah, untuk memberikan bantuan yang optimal.

Toyota berharap pemulihan wilayah yang terkena dampak bencana bisa dilakukan secepat mungkin. 

Baca juga: Toyota siapkan pengoperasian pabrik pascagempa Hokkaido

Baca juga: Toyota hentikan operasi sejumlah pabrik akibat gempa Hokkaido

Seperti diwartakan sebelumnya, Sembilan orang dikonfirmasi tewas dan 300 orang lagi cedera setelah gempa kuat mengguncang Prefektur Paling Utara Jepang, Hokkaido, Kamis (6/9) dini hari, kata petugas pertolongan dan polisi lokal.

Sebanyak 30 orang masih belum ditemukan setelah gempa bumi tersebut, dan hampir 2.000 orang mengungsi ke tempat penampungan darurat yang telah didirikan di lebih dari 400 lokasi, kata pemerintah setempat.

Gempa bumi kuat dengan kekuatan awal 6,7 pada Skala Richter, yang diukur berkekuatan maksimum tujuh pada skala kekuatan seismik Jepan, menggunakan prefektur paling utara Jepang itu pada pukul 03.08 waktu setempat Kamis. Jumlah korban jiwa dikhawatirkan bertambah, kata beberapa pejabat, karena banyak rumah tertimbun tanah longsor.

Baca juga: Sembilan dikonfirmasi tewas, ratusan cedera setelah gempa kuat guncang Hokkaido

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018