Aseel Al-Hamad, wanita Saudi yang kendarai mobil F1 pada hari bersejarah

Senin, 25 Juni 2018 02:41 WIB
Aseel Al-Hamad, wanita Saudi yang kendarai mobil F1 pada hari bersejarah
Aseel Al-Hamad dari Arab Saudi mengendarai Lotus Renault E20 saat parade menjelang pertandingan Formula Satu Prancis Grand Prix di Sirkuit Paul Ricard di La Castellet, Prancis, MInggu (24/6). (REUTERS/Jean-Paul Pelissier)
Le Castellet, Prancis (ANTARA News) - Renault memberikan kesempatan kepada Aseel Al-Hamad, wanita Arab Saudi, untuk menandai hari bersejarah diizinkannya kaum wanita Arab Saudi untuk mengemudi dengan mengendarai salah satu mobil sebelum Grand Prix F1 di Prancis, Minggu (24/6).

Bertepatan dengan diizinkannya para wanita berkendara di jalan-jalan Arab Saudi, anggota perempuan pertama federasi motorsport nasional Aseel Al-Hamad, mengambil posisi di balik kemudi mobil yang dipakai Kimi Raikkonen saat memenangkan GP Abu Dhabi pada 2012.

Aseel Al-Hamad menjadi bagian dalam parade Renault menjelang Grand Prix Prancis yang kembali diadakan setelah absen selama satu dekade, serta pertama kalinya digelar di sirkuit Le Castellet dalam 28 tahun terakhir.

Aseel, anggota FIA Women Motorsport Commission, adalah seorang pengemudi dan penggemar olahraga otomotif yang ikut dalam pelatihan di sirkuit itu.

"Saya menyukai balap dan motorsport sejak usia yang sangat muda, dan mengendarai mobil Formula Satu bahkan melampaui impian saya dan apa yang saya pikir mungkin," kata Aseel Al-Hamad dilansir AFP, Minggu (24/6).

Baca juga: Perempuan boleh menyetir, Arab Saudi siapkan inspektur kecelakaan khusus

"Merupakan kehormatan sejati untuk mengemudi di depan orang banyak di balapan kandang dari tim di Prancis," katanya.

"Saya berharap melakukannya pada hari ketika wanita dapat berkendara di jalan-jalan di Arab Saudi, menunjukkan apa yang dapat Anda lakukan jika memiliki hasrat dan semangat untuk bermimpi," lanjut Aseel Al-Hamad.

Aseel akan bertanggung jawab dalam membuat strategi mempromosikan pendidikan dan pelatihan perempuan dalam olahraga motorsport di Arab Saudi, demikian AFP.

Baca juga: Wanita Saudi bersiap untuk kebebasan setelah larangan mengemudi berakhir

Editor: Ade P Marboen

COPYRIGHT © 2018

Perusahaan produsen kendaraan roda empat asal India, Tata Motors menarget penjualan 400 unit kendaraan komersial  di Sumatera Selatan pada tahun ...
Perusahaan pembiayaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) meluncurkan situs e-commerce jual beli motor bekas momotor.id guna meneruskan ...
Toyota Indonesia melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyediakan 18 kendaraan berupa 12 mobil listrik ...
Fiat Chrysler Automobiles (FCA) akan menyediakan lebih dari 62.000 unit kendaraan swakemudi kepada perusahaan teknologi Alphabet Inc. Puluhan ribu mobil ...
Kia Motors Corp akan menarik (recall) lebih dari 507.000 kendaraan di Amerika Serikat (AS) atas masalah sistem kelistrikan yang menyebabkan kantung udara ...