Jakarta (ANTARA News) - Kaca film pada mobil berfungsi sebagai media penahan panas matahari sekaligus mengurangi dampak sinar ultraviolet yang masuk kabin kendaraan.

Ternyata, ada manfaat lain dari kaca film di kendaraan Anda. National Sales Manager PT V-Kool Indo Lestari, Yusuf Suseno, menjelaskan kaca film bisa melindungi pengemudi dan penumpang dari pecahan kaca apabila terjadi insiden.

"Melindungi dari pecahan-pecahan kaca. Jadi pecahan kaca yang seperti biji jagung itu akan menempel di lapisan perekat kaca film sehingga tidak langsung mengenai pengendara atau penumpang," kata Yusuf di sela peluncuran V-Kool Silver dan Gold Series di Jakarta, Selasa.

Kaca film secara tidak langsung juga menghemat konsumsi bahan bakar berkat penggunaan AC yang secukupnya karena temperatur di dalam kabin terjaga stabil.

"Intinya karena AC tidak kerja maksimal, jadi hemat bensin. Semua mobil yang pakai kaca film, biasanya AC-nya tidak sekencang ketimbang yang tak pakai kaca film," kata Business Development Director PT V-Kool Indo Lestari Lianto Winata.

Penggunaan kaca film dengan tingkat kegelapan tertentu dapat melindungi pengemudi dari potensi tidak kejahatan. Kendaraan tanpa kaca film atau terlihat transparan dari sisi luar bisa menjadi sasaran kejahatan karena barang-barang dan kondisi pengemudi di dalam kabin terlihat dari luar.

Lianto menyarankan tingkat kegelapan kaca film bagian depan 20 persen, samping 60 persen dan bagian belakang 70-80 persen.

Baca: Cara mengetahui kualitas kaca film

Baca: V-Kool sediakan kaca film harga lebih terjangkau
Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018