Jakarta (ANTARA News) - Rider Indonesia, Stephen Langitan, akan berpetualang mengendarai sepeda motor dari Jakarta menuju London, Inggris, melintasi 30 negara sejauh 30ribu kilometer, hari ini dan diharapkan akan tiba pada 17 Agustus 2018.

Stephen berpetualang menggunakan sepeda motor Kawasaki Versys-X 250cc karena memiliki desain yang pas untuk kebutuhan perjalanan jarak jauh selama 145 hari.

"Lewat kegiatan ini saya berharap bisa menularkan semangat bagi anak muda. Saya berpetualang sendiri 30 ribu kilometer dan itu membutuhkan kekuatan mental dan disiplin. Anak muda harus punya tekad dan impian," kata Stephen di gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Minggu.

Stephen menjelaskan alasannya memilih London sebagai destinasi karena menawarkan rute darat yang lebih banyak dan hanya dua kali melakukan penyebrangan laut.

"Kenapa London? Jalurnya sudah ada. Saya hanya dua kali menyebrang dari Jawa ke Sumatera dan menyebrang ke Malaysia. Selanjutnya saya menempuh jalan darat lintas negara," katanya.

Baca juga: Tips touring sepeda motor lintas negara

Baca juga: Touring Forwot hadirkan pebalap Honda




Kegiatan yang didukung PT Pertamina Lubricants ini juga ditujukan untuk membangun persahabatan antar negara sekaligus memperkenalkan brand pelumas asal Indonesia yaitu Pertamina Enduro yang akan digunakan pada sepeda motor Stephen.

"Kami bangga dapat mendukung mimpi dan tekad anak bangsa untuk berkeliling dunia dengan membawa nama anak bangsa," kata Andria Nusa Direktur Sales dan Marketing Pertamina Lubricants.

Melalui penjelajahan sejauh 30ribu kilometer itu, Stephen juga berpeluang menguji ketangguhan pelumas Enduro di berbagai medan, mulai di daerah bersuhu dingin di dataran tinggi India, gurun pasir Pakistan dan Iran, serta pegunungan Alpen di Eropa.

"Saya juga akan ganti oli di berbagai negara dimana Enduro hadir seperti Thailand dan Kathmandu," kata Stephen yang dijadwalkan akan kembali ke Indonesia pada 19 Agustus 2018.

Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018