Tokyo (ANTARA News) - Honda UNI-CUB β adalah penyempurnaan dari UNI-CUB versi terdahulu untuk menciptakan perangkat mobilitas yang dapat digunakan oleh lebih banyak orang. 

UNI-CUB β ini diperkenalkan di Honda Collection Hall, Motegi, Jepang, dalam rangkaian pelaksanaan Tokyo Motor Show pada 25 Oktober hingga 5 November 2017.

Sebelumnya, versi pertama UNI-CUB diluncurkan pada Mei 2012 sebagai alat mobilitas pribadi yang memiliki fitur pengatur keseimbangan dan sistem Honda Omni Traction Drive yang yang direpresentasikan melalui penelitian dan pengembangan ASIMO. 

Teknologi ini memungkinkan pengendara UNI-CUB untuk berpindah kedepan, kebelakang, dan menyamping dengan menggeser berat badan dan memposisikan tubuh condong ke arah yang diinginkan. 

Hadir dengan bodi kompak yang cocok untuk bermanuver diantara orang-orang, UNI-CUB menawarkan mobilitas pribadi di ruangan tertutup seperti kantor dan fasilitas komersial.

Sejak Juni 2012, Honda telah menguji dan memverifikasi manfaat potensial UNI-CUB melalui demonstrasi yang diadakan bersama dengan National Museum of Emerging Science and Innovation (Miraikan). UNI-CUB telah digunakan oleh staff Miraikan sebagai alat transportasi dan juga digunakan oleh pengunjung Miraikan dengan umur yang bervariasi untuk berjalan-jalan mengelilingi museum.

UNI-CUB β dikembangkan dengan menganalisa dan menggabungkan data pengguna melalui program percobaan. Dengan model ini, Honda akan selangkah lebih maju dengan menawarkan UNI-CUB β untuk berbagai kebutuhan bisnis dan organisasi melalui program penyewaan.

Fitur UNI-CUB β dibuat lebih kecil dan ringan, dana penyempurnaan dalam penggunaan UNI-CUB β memiliki dimensi 510 x 315 x 620 mm dengan berat 25 kg, menggunakan baterai lithium-ion dan memiliki kecepatan maksimal 6 km/jam dan jarak jangkauan 6 km yang dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam pada kecepatan 4 km/jam.

Pewarta: Tasrief Tarmizi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017