Jakarta (ANTARA News) - Suzuki Indonesia tidak gentar menghadapi ketatnya persaingan di pasar low multi purpose vehicle (LMPV) dengan hadirnya Wuling Confero dan Mitsubishi Small MPV yang akan menjadi kompetitor mereka di pasar Indonesia.

Donny Saputra Direktur Pemasaran Kendaraan Roda Empat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menilai setiap produk memiliki keunggulan masing-masing dan karakteristik konsumen yang berbeda.

"Tidak masalah buat kami, karena menurut kami semua produk punya keunggulan masing-masing. Jadi istilahnya punya racikan atau 'dapur sendiri' dan memiliki masing-masing kelebihan untuk konsumen," kata Donny Saputra Direktur Pemasaran Kendaraan Roda Empat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melalui sambungan telepon, Selasa.

"Menurut kami tidak terlalu menjadi batu sandungan, karena karakteristik pembeli Suzuki berbeda, jadi menurut kami preposisi produk yang ditawarkan, fitur dan segalanya tidak terlalu berdampak kepada kami," sambung Donny.

Lebih lanjut, ia menilai Suzuki Ertiga memiliki keunggulan yang tidak dipunyai merek lain yaitu Ertiga bermesin diesel.

"Ertiga Diesel saat ini iya, itu nilai tambah kami untuk penambahan volume dan salah satu bentuk differensiasi produk atau menambah portofolio produk," lanjut dia.

Ia menjelaskan, kehadiran Ertiga menambah sekira 15 s.d. 20 persen dari seluruh total penjualan Suzuki Ertiga.


Menguntungkan konsumen

Pada akhir pekan lalu, Executive General Manajer Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, memandang kehadiran pemain baru LPMV dari Mitsubishi dan Wuling bukanlah sebagai pesaing sesama produsen mobil, melainkan akan sama-sama menguntungkan konsumen dengan hadrinya banyak pilihan.

"Dari Toyota, kami tidak melihat persaingan dalam hal sebagai produsen, tapi ke arah bagaimana pelanggan punya pilihan yang semakin banyak," kata Soerjopranoto kepada wartawan dalam wawancara seusai melepas rombongan Avanzanation 2017 di Jakarta, Sabtu (22/7).

"Kami melihat dengan hadirnya maker dari China itu, pelanggan punya pilihan yang lebih murah. Kemudian kalau hadir lagi kendaraan baru dari pabrikan Jepang lain, pelanggan punya satu lagi kendaraan yang lebih stylist," lanjut Soerjopranoto.

Pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, pasar LMPV di Indonesia kedatangan dua pemain baru yaitu Wuling Confero dan Mitsubishi Small MPV yang akan bersaing dengan para pemain lama antara lain Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga.

(Baca: Pasar LMPV ketat, ini tanggapan Gaikindo)
Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017