All-New Mazda CX-5 punya 600-an perubahan dibanding pendahulunya

Rabu, 12 Juli 2017 23:13 WIB | 5.185 Views
All-New Mazda CX-5 punya 600-an perubahan dibanding pendahulunya
SUV terbaru unggulan Mazda, All-New Mazda CX-5, akan segera meluncur di Indonesia (kiri), Mazda CX-5 generasi pertama (kanan). (ANTARA News/Monalisa)
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - SUV terbaru unggulan Mazda, All-New Mazda CX-5, akan segera meluncur di Indonesia dengan performa yang lebih baik dengan berbagai perubahan.

Ahli Perencanaan Produk PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) Bonar Pakpahan mengungkapkan, ada sekitar 600-an perubahan dari CX-5 terbaru untuk meningkatkan performa dan interior.

"Insinyur dan desainer kami sangat detail untuk improvement terkait build quality dan interior, bahkan sampai hal-hal kecil," jelas Bonar, disela acara "Media Drive All-New Mazda CX-5" yang berlangsung pada 11-13 Juli dari kota Malang, Jawa Timur hingga Nusa Dua, di Pulau Bali.

ANTARA News/Monalisa


Eksterior

ANTARA News/Monalisa

Perubahan cukup mencolok sudah terlihat dari sisi depan. Tampilan khas keluarga Mazda ditampilkan dengan grille yang berukuran besar dan lebar lengkap dengan ciri khas garis berbentuk sayap (signature wing). 

Lampu depan lebih ramping dan diletakkan lebih rendah, semakin menguatkan sosoknya yang kini tampil makin sporty. 

Garis desainnya kini lebih berani dengan fokus untuk menghasilkan ekspresi sebuah gerakan dinamis dari ujung depan hingga kebelakang yang menunjukkan kelincahannya berakselerasi dan kecepatan.

ANTARA News/Monalisa

Titik berat gravitasi yang lebih rendah 10 mm, jarak pijak bagian depan dan belakang yang lebih lebar menjadikan tampilan All-new CX-5 tampak semakin kokoh, sekaligus dapat meningkatkan pengendaliannya. 

Pilar-A kini juga dimundurkan sebanyak 35 mm dibandingkan model sebelumnya guna memberikan visibilitas pengendaraan yang lebih baik. 

Gambaran pergerakan yang lincah dan bertenaga ditampilkan melalui garis desain tegas yang mengalir dari depan hingga bagian belakang. 


Interior

Bonar menjelaskan perubahan bagian interior di All-new CX-5 diimplementasikan sampai pada hal yang sangat detail.

"Meskipun kelihatan kecil dan bahkan kelihatan tapi diperhatikan insinyur," ujarnya.

ANTARA News/Monalisa

Ia mencontohkan, bagian dashboard tampak lebih mewah karena mengurangi parting line. Sehingga posisi Tweeter alias speaker berukuran kecil dipindah.

Perubahan lain yang cukup berasa, yakni kursi belakang yang bisa digerakkan (generasi sebelumnya tidak bisa) dan sudut yang lebih nyaman. Sudut kursi penumpang yang sebelumnya 22 derajat dari garis normal, kini 24 derajat dan bisa ditarik lagi ke belakang sampai 28 derajat.

All-new CX-5 juga menjadi produk Mazda pertama yang mengadopsi kursi belakang dengan mekanisme reclining dua-tingkat untuk meningkatkan kenyamanan penumpang belakang.

Ada juga tambahan AC untuk kabin penumpang.

Di bagian depan, kokpit dirancang untuk memberikan posisi mengemudi yang ideal, dengan posisi tombol-tombol dan tuas yang dapat diraih dan dioperasikan oleh pengemudi secara natural. Posisi konsol kini lebih tinggi, termasuk posisi tuas transmisi yang kini 60 mm (otomatis) atau 40 mm (manual) lebih tinggi dibandingkan model sebelumnya untuk mempermudah pengoperasian.

Posisi pilar-A yang dimundurkan memberikan pandangan mengemudi yang lebih luas ke kiri dan kanan. Garis bahu yang lebih rendah juga memberikan kontribusi keleluasaan pandangan ke seputar mobil. 

ANTARA News/Monalisa
 
Kepraktisan bagasi CX-5 juga tetap dipertahankan dengan kapasitas bagasi yang bertambah menjadi 505 liter dari model sebelumnya 500 liter. Proses buka tutup bagasi belakang pun sekarang menjadi lebih mudah dan modern dengan hadirnya Power Lift Gate otomatis dengan fungsi anti-jam, untuk lebih meningkatkan unsur keselamatan dari kemungkinan terjepit pintu.

Di bagian panel instrumen, layar Multi-Information Display (MID) kini menggunakan layar LCD berukuran 4,6 inci TFT beresolusi tinggi.

Untuk sistem audio, All-new CX-5 dilengkapi dengan 10 buah speaker premium lansiran Bose® yang dikembangkan bersama-sama dengan Mazda, termasuk AudioPilot™2 ambient noise compensation dan Centerpoint®2 surround sound system. CX-5 juga dilengkapi dengan MZD connect untuk mempermudah konektivitas dengan ponsel pintar atau gawai lainnya.


Fitur Keselamatan

Mazda All-new CX-5 menyandang fitur-fitur keselamatan yang selama ini melengkapi mobil-mobil keluaran Mazda terkini antara lain ALH (Adaptive LED Headlamps), BSM (Blind Spot Monitoring) + RCTA (Rear Cross Traffic Alert), LDWS (Lane Departure Warning System), SCBS-Forward (Smart City Brake Support-Forward) dan DAA (Driver Attention Alert). 

Bahkan fitur SCBS telah disempurnakan menjadi Advanced SCBS yang tak hanya dapat mendeteksi kendaraan di depan, namun juga pejalan kaki dan halangan lainnya. 

"Cara pendektesiannya pun berbeda, kalau dulu pakai laser sekarang pakai kamera. Sehingga lebih presisi dalam mengidentifikasikan objek," jelas Bonar.

Fitur Active Driving Display (heads-up display). (ANTARA News/Monalisa)

Fitur Active Driving Display (heads-up display) beresolusi tinggi dan berwarna, yang memproyeksikan informasi tentang kecepatan mobil langsung ke kaca depan bagian bawah pengemudi, memungkinkan pengemudi tetap fokus pada kondisi jalan atau dalam kecepatan tinggi, juga memberikan cita rasa pengandaraan mobil papan atas.

Layar informasi. (ANTARA News/Monalisa)

Sementara layar informasi utama berukuran 7 inci di bagian tengah kini berpindah ke bagian atas dashboard untuk meminimalisasi pergerakan mata yang harus dilakukan pengemudi.


Mesin

Sedangkan untuk mesin, Bonar mengatakan tidak ada perombakan besar.

"Untuk Skyactiv-G nya itu sendiri tidak ada perombakan total baik dari segi fisik maupun komponen, tetapi ada revisi sehingga kita mendapat peningkatan tenaga dan torsi," paparnya.

Di balik kap mesinnya, mesin bensin SKYACTIV-G 2.5, dengan transmisi otomatis 6-speed SKYACTIV-DRIVE. Mesin SKYACTIV-G 2.5 berkapasitas 2,5 liter menghasilkan tenaga puncak hingga 187 hp dan torsi 250 Nm.

ANTARA News/Monalisa

Kenyamanan berkendara juga didukung oleh teknologi SKYACTIV-CHASSIS dengan penggunaan suspensi MacPherson di bagian depan dan multi-link di belakang yang telah disempurnakan untuk memberikan kenyamanan lebih baik. 

Untuk bodinya peningkatan 15,5 persen tingkat kekakuan torsional-nya menjadikan CX-5 terbaru ini dapat dikendarai lebih responsif. Penyempurnaan juga dilakukan untuk mengurangi tingkat kebisingan, dimana jika dibandingkan dengan model sebelumnya, All-new CX-5 menawarkan 10 persen kabin yang lebih senyap saat berkendara di kecepatan 100 km/jam.

Editor: Gilang Galiartha

COPYRIGHT © 2017

Ada yang menarik dalam rangkaian kontes modifikasi IAM MBtech 2017 seri Medan yang berlangsung di Palladium Mall, Medan, 15-16 Juli 2017, yakni terselipnya ...
Seorang nenek asal Belgia mengaku tidak bisa tidur, dan memilih untuk mengendarai Porsche Boxster GTS dengan kecepatan 236 kilometer per jam pada tengah ...
Pemerintah Inggris siap mengumumkan larangan penjualan mobil berbahan bakar bensin dan diesel mulai tahun 2040, saat semua kendaraan harus bertenaga listrik ...
Ferrari dikabarkan sedang mengerjakan proyek "rahasia" yang akan berujung pada SUV pertama bagi produsen mobil berlambang kuda jingkrak itu.Laporan dari Eropa ...
Frankfurt (ANTARA News) – Produsen mobil mewah Jerman, Daimler, optimistis menatap prospek penjualan sepanjang 2017 setelah membukukan laba bersih yang ...