Jakarta (ANTARA News) - Menjelang memasuki musim mudik Lebaran 1438 H, penyedia jasa layanan asuransi kendaraan bermotor mulai mengalami peningkatan penanganan klaim dari para pemegang polis, termasuk Garda Oto.

Manajer Komunikasi dan Event Asuransi Astra, L. Iwan Pranoto, mengungkapkan masa menjelang musim mudik identik dengan peningkatan klaim dari pemegang polis, dengan kisaran pertambahan pengajuan klaim sekira 20-30 persen dibandingkan hari-hari biasa.

"Ada sekira 20-30 persen, kenaikan untuk pengajuan klaimnya ya. Kalau dihitung setahun penuh tidak berubah, cuma memang penumpukan di waktu-waktu tertentu," kata Iwan saat ditemui di sela-sela buka bersama PT Astra International Tbk di Jakarta, Selasa.

"Bahkan kemarin saya memantau di Cipinang misalnya, sehari sudah ada 15 klaim, padahal biasanya cuma 11 klaim per hari. Sudah mulai naik, nanti turun lagi, biasanya begitu," ujarnya menambahkan.

Hal itu, lanjut Iwan, tidak lepas dari kebiasaan pemilik kendaraan Indonesia yang mempercantik tunggangan mereka sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman masing-masing.

"Karena memang mereka ingin cakep mobilnya pas dibawa pulang kampung, sama seperti tren orang beli mobil baru juga," ujarnya.

Iwan menyarankan sebaiknya pemilik kendaraan tidak melakukan hal tersebut, sebab perbaikan kecil terhadap mobil bisa dilakukan setiap saat tanpa menunggu momen-momen tertentu yang berisiko terjadi penumpukan antrean klaim maupun pengerjaan di bengkel-bengkel rekanan penyedia asuransi kendaraan.

"Intinya kalau mobil anda terluka, segera klaim saja, jangan ditumpuk maksudnya. Sebab untuk mengklaim itu kan hak anda, jangan sampai ditumpuk, nanti malah jadi tetanus," ujar Iwan sembari berseloroh.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017