Perlindungan untuk supir angkutan mudik dari asuransi mikro

Senin, 22 Mei 2017 21:08 WIB
Perlindungan untuk supir angkutan mudik dari asuransi mikro
Kegiatan #BerkahMudik Asuransi Astra. (ANTARA News/HO)
Jakarta (ANTARA News) - Asuransi Astra menyiapkan Rp100 miliar guna melindungi ribuan supir bus angkutan mudik dari berbagai Perusahaan Otobus (PO) yang ada di wilayah Jabodetabek menjelang musim mudik 2017.

Chief Corporate Services Officer Asuransi Astra, Ida R M Sigalingging, mengatakan perlindungan ini setidaknya memberikan ‘peace of mind’ kepada para supir yang bertugas mengantarkan para penumpang mudik sekaligus memastikan keselamatan mereka selama perjalanan.

"Saya harap pemberian asuransi mikro Asuransi Astra ini mampu mendorong mereka bekerja lebih baik dan fokus, sehingga keselamatan mereka dan penumpang lainnya tetap menjadi prioritas," kata Ida dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Dana tersebut disiapkan bagi seluruh sopir yang terdaftar dalam program #BerkahMudik Asuransi Astra. Adapun jaminan yang diberikan adalah jaminan meninggal dunia akibat sakit dan kecelakaan dengan total nilai santunan duka hingga 10 juta rupiah.

Selain memberikan perlindungan asuransi kecelakaan diri, Asuransi Astra juga membekali 100 sopir bus lainnya dengan seminar safety driving guna memperkaya pengetahuan sebagai upaya mengurangi angka kecelakaan lalu lintas terutama saat musim mudik yang biasanya banyak memakan korban jiwa.

Menurut data Korlantas Polri, terjadi 96.635 kasus kecelakaan lalu lintas selama tahun 2016 atau meningkat 8,7 persen dari tahun sebelumnya.

Tingginya angka tersebut menggerakkan Asuransi Astra bersama Korlantas Polda Metro Jaya untuk memberikan edukasi kepada sopir bus sebagai upaya menurunkan jumlah kecelakaan lalu lintas.

Sebanyak 100 sopir bus tersebut diberikan pengetahuan menyeluruh mengenai teknik berkendara aman oleh Marcell Kurniawan dari The Real Driving Center dan pengetahuan mengenai rambu-rambu dan peraturan lalu lintas lainnya dari Korlantas Polda Metro Jaya agar dapat membawa penumpang dengan selamat hingga kampung halaman mereka.

#BerkahMudik Asuransi Astra adalah implementasi dari kesuksesan program sebelumnya yaitu #1klik1kebaikan yang mengajak masyarakat mengampanyekan aman berlalu lintas dengan mengunggah foto/video yang memperlihatkan mereka sedang mengaitkan sabuk pengaman atau pengikat helm setiap kali berkendara.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2017

Fiat Chrysler Automobiles (FCA) akan menyediakan lebih dari 62.000 unit kendaraan swakemudi kepada perusahaan teknologi Alphabet Inc. Puluhan ribu mobil ...
Sejumlah pameran seni dan otomotif hingga konser musik akan digelar di Jakarta pada Sabtu. Otobursa Tumplek Blek 2018 mulai dibuka pada hari ini hingga ...
Kia Motors Corp akan menarik (recall) lebih dari 507.000 kendaraan di Amerika Serikat (AS) atas masalah sistem kelistrikan yang menyebabkan kantung udara ...
Perusahaan produsen kendaraan roda empat asal India, Tata Motors menarget penjualan 400 unit kendaraan komersial  di Sumatera Selatan pada tahun ...
Toyota Indonesia melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyediakan 18 kendaraan berupa 12 mobil listrik ...