Jakarta (ANTARA News) - Komunitas otomotif, Toyota Vios Club Indonesia (TVCI), memiliki cara tersendiri untuk membuat Jambore Nasional Pertama mereka menjadi lebih bermanfaat yakni dengan mendirikan taman bacaan.

Taman bacaan tersebut didirikan di Yayasan Panti Asuhan Budhi Asih di Jalan Dr. Wahidin, Sukapura, Cirebon, dari donasi berupa buku bacaan anak maupun dana yang dikumpulkan dari para anggotanya, demikian keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pendirian taman bacaan menjadi salah satu kegiatan dalam rangkaian jamnas perdana TVCI yang dilangsungkan di Apita Resort Gronggong, Kabupaten Cirebon, 15 April 2017.

"Program mendirikan taman bacaan dan donasi buku ke Yayasan Panti Asuhan Budhi Asih disambut antusias para peserta Jamnas TVCI Pertama," kata Ketua Umum TVCI M. Rahmat Yulianto yang lebih akrab disapa Anto.

Pendirian taman bacaan tersebut, lanjut Anto, menjadi aksi nyata kepedulian TVCI menyikapi rendahnya minat baca di tengah masyarakat Indonesia saat ini.

"Ini upaya kami meningkatkan budaya membaca masyarakat lokal yang nantinya akan meningkatkan budaya membaca, pengetahuan dan perekonomian masyarakat di masa mendatang," ujar Anto menambahkan.

Kegiatan sosial agaknya menjadi salah satu fokus utama rangkaian jamnas perdana TVCI, selain kampanye berkendara sesuai aturan lalu lintas dan etika berkendara di jalan raya (Safety and Smart Driving), tur berkeliling Cirebon serta peresmian TCVI Chapter Cirebon.

"Peresmian TCVI Chapter Cirebon ini menambah jumlah chapter total TVCI menjadi 25 titik," kata Anto.

Jamnas perdana tersebut diikuti para anggota TVCI dari berbagai daerah, termasuk Banda Aceh, Medan, Lampung dan Riau mewakili chapter-chapter di Pulau Sumatera, Banjarmasin mewakili chapter di Pulau Kalimantan dan Makassar mewakili chapter di Pulau Sulawesi.

Sedangkan dari chapter-chapter di Pulau Jawa tentu saja Jabodetabek lengkap mengirimkan perwakilan mereka ditambah Karawang, Serang, Sukabumi dan Bandung, ditambah chapter Bali.

Sebagai informasi TVCI berdiri sejak 12 Agustus 2004 dan tak kurang dari 2.000 orang telah menjadi anggota yang tersebar ke dalam 25 chapter di seluruh Indonesia.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017