BMW kerahkan 40 mobil untuk uji coba swakemudi di AS dan Eropa

Kamis, 5 Januari 2017 11:55 WIB
BMW kerahkan 40 mobil untuk uji coba swakemudi di AS dan Eropa
Logo BMW. (Reuters)
Las Vegas (ANTARA News) - Grup BMW mengerahkan sebanyak 40 mobil swakemudi untuk menjalani serangkaian tes di Amerika Serikat dan Eropa.

Grup otomotif asal Jerman itu mengumumkan hal tersebut pada Consumer Electronics Show di Las Vegas bersama Intel perusahaan chip komputer Amerika Serikat dan Mobileye perusahaan teknologi asal Israel.

"Membuat mengemudi otonom menjadi kenyataan bagi pelanggan kami adalah ambisi bersama di balik kerja sama kami dengan Intel dan Mobileye," kata Klaus Froehlich anggota dewan BMW dalam sebuah pernyataan yang mengatakan tes akan menjadi langkah besar untuk mewujudkan sebuah kendaraan otonom pada 2021.

"Kemitraan ini menggabungkan segala keterampilan dan bakat untuk mengatasi tantangan teknologi yang sangat besar ke depan dan mengkomersialkan kendaraan swakemudi. Oleh karena itu, kami sudah berpikir dalam hal keterluasan dan menyambut perusahaan lainnya,  produsen, pemasok atau perusahaan teknologi untuk berpartisipasi dan berkontribusi untuk platform otonom kami," lanjut dia.

Perusahaan mengatakan mereka memulai pengujian pada akhir tahun 2017, bersama kendaraan otonom Waymo, dari Google, Uber dan kendaraan lain yang digunakan dalam situasi lalu lintas nyata.

BMW Group menjadi pihak yang bertanggung jawab dalam kontrol kemudi, keamanan dan produksi platform mobil.

Intel akan menawarkan platform komputasi Intel Go yang menggunakan berbagai sensor dan data lain untuk kekuatan otak mobil. Sedangkan Mobileye akan menggunakan komputer prosesor EyeQ5 yang mendapat masukan dari tampilan sensor 360 derajat.

"Dari perspektif industri, kami melihat adanya penghematan dan percepatan pembangunan dengan berbagi biaya pengembangan dan menyatukan sumber daya untuk mengembangkan platform otonom yang lengkap," kata kepala eksekutif Intel Brian Krzanich.

"Itu sebabnya kemitraan ini merupakan terobosan baru. Kami membentuk tim khusus dengan jelas, tujuan bersama dan budaya inovasi dan kelincahan dan akuntabilitas," lanjut Krzanich, demikian AFP.

Editor: Heppy Ratna Sari

COPYRIGHT © 2017

Toyota Avanza tetap memimpin penjualan terbanyak kendaraan roda empat segmen Low MPV (multi purpose vehicle) sepanjang Oktober 2017 dengan terjual sebanyak ...
Regulasi kendaraan rendah emisi (Low Carbon Emission Vehicle/LCEV) yang saat ini masih disiapkan oleh pemerintah diharapkan tidak sekadar membuat harga mobil ...
Jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia merupakan salah satu yang tertinggi di ASEAN setelah Thailand, Vietnam, dan Malaysia.Menurut data kepolisian yang ...
Stockholm (ANTARA News) – Pembuat mobil Swedia Volvo Cars pada Senin (20/11) mengatakan mereka telah menandatangani perjanjian untuk memasok "puluhan ribu" ...
Pengunjung mangamati finalis mobil Honda Jazz dan Honda Brio modifikasi saat dimulainya kontes modifikasi 'Honda Jazz dan Brio 'Honda Jazz & Honda Brio Tuning ...