Tangerang (ANTARA News) - Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Yohannes Nangoi, menyampaikan Pameran Gaikindo ke-24 yang berlangsung di ICE BSD City, Serpong, Tangerang, 11-21 Agustus 2016, diyakini dapat mendorong roda perekonomian Indonesia.

"Pameran ini adalah pameran Gaikindo ke-24 yang diselenggarakan rutin sejak tahun 1986. Pameran ini penting untuk mendorong roda perekonomian Indonesia," kata Nangoi dalam pembukaan pameran tersebut, Kamis.

Selain itu Nangoi menyebutkan pameran tersebut juga memberi manfaat besar kepada industri otomotif, dalam bentuk dorongan pertumbuhan pasar domestik dan membuka kesempatan memperbesar pasar ekspor.

Dalam laporannya, Nangoi juga mengungkapkan sejumlah pencapaian yang telah diraih industri otomotif di Indonesia khususnya kendaraan roda empat yang sepanjang periode 2009-2015 penjualannya memiliki rata-rata pertumbuhan 18,3 persen.

Saat ini volume pasar domestik otomotif mencapai angka 531.929 unit sepanjang semester I 2016, yang meningkat sekira 3,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Sedangkan untuk produksi industri otomotif sepanjang semester I sebesar 601.641 unit atau naik 3,8 persen dibandingkan periode serupa tahun lalu.

Sementara pada 2015 ekspor utuh sebanyak 207.691 unit ekspor terurai 108.777 unit dari total kapasitas produksi 1.928.131 unit.

Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla dalam sambutannya  mengatakan industri otomotif Indonesia harus bersiap untuk menghadapi maupun mencapai hal-hal yang lebih besar lagi.

"Kapasitas produksi kita hampir 2 juta, artinya kita siap untuk lebih besar lagi. Dua hal yang harus dicapai adalah perkembanhan ekonomi Indonesia serta dunia untuk pasar ekspor industri otomotif kita," kata Kalla.

Selain dihadiri Wapres Jusuf Kalla, turut pula menghadiri pembukaan pameran tersebut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Gubernur Banten Rano Karno dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016