Jakarta (ANTARA) - Gelaran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 menghadirkan konsep pameran lifestyle seperti otomotif, fesyen, musik, hingga kuliner untuk menarik minat masyarakat.

"Pertama kali di Indonesia, pameran otomatif digabungkan dengan lifestyle," kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi dalam seremoni pembukaan GJAW 2023 di Jakarta, Jumat.

Yohannes mengatakan, industri otomotif terus menguat seiring dengan pulihnya perekonomian masyarakat yang sempat menurun akibat pandemi COVID-19.

Pada tahun 2022, Gaikindo mencatat industri otomotif berhasil melakukan penjualan sebesar 1.048.040 unit kendaraan.

Baca juga: GJAWxLifestyle diyakini bakal pancing pengunjung dari berbagai sektor

Gaikindo ingin momentum perkembangan dunia otomotif dapat dimanfaatkan melalui gelaran GJAW 2023.

Ia menyebut total sebanyak 60 merek menampilkan mobil-mobil produksi mereka.

Adapun merek-merek yang ikut meramaikan dari China, Eropa, Jepang di antaranya BMW M, Chery, Citroen, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, dan Wuling.

Pameran bertajuk "Automotive x Lifestyle" ini menargetkan transaksi sebesar Rp2,3 triliun dan diklaim akan menarik 53 ribu pengunjung.

"Penyelenggaraan GJAW tahun ini menampilkan inovasi sebanyak 26 mobil, termasuk penumpang, premium, komersial, peluncuran kendaraan baru," ujarnya.

Baca juga: Sederet mobil baru diprediksi akan meluncur di GJAW 2023

Yohannes menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, khususnya Kementerian Koordinator Perekonomian dan Kementerian Perindustrian atas dukungan penyelenggaraan pameran tersebut.

Ia berharap GJAW dapat meningkatkan inovasi produk-produk di sektor otomotif dalam negeri untuk meningkatkan daya saing.

"Kami mendorong anggota untuk mengembangkan model kendaraan baru Indonesia dan meluncurkannya," kata Yohanes Nangoi. 

Baca juga: Gaikindo harap GJAW x Lifestyle 2023 tingkatkan penjualan otomotif
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023