Jakarta (ANTARA News) - Toyota Sienta direncanakan akan meluncur ke dealer-dealer di Indonesia sebelum Hari raya Idul Fitri.

Sienta baru diperkenalkan pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

"Produksi belum mulai, masih trial. Tetapi perkiraan pada akhir Juni sudah mengisi dealer. Target kami sebelum Lebaran sudah mengisi dealer," kata Production Engineering PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nicholas Adenan, saat dihubungi ANTARA News, Kamis.

Sienta yang akan dipasarkan di Indonesia ini diproduksi di dalam negeri, tepatnya di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Karawang, Jawa Barat.

Lini baru andalan Toyota Astra Motor itu akan menggunakan 80 persen komponen lokal termasuk mesin bermaterial aluminium. Sienta menjadi mobil Toyota pertama di Indonesia yang menggunakan mesin bermaterial aluminium.

Sementara tiga unit Sienta yang dipamerkan pada IIMS 2016 itu merupakan prototipe Sienta yang juga diproduksi di pabrik Kawarang untuk diperkenalkan kepada masyarakat.

Mobil mini van dengan pintu geser itu memiliki empat grade E, G, V dan Q dengan pilihan dua transmisi manual dan CVT. Harga Sienta grade E MT Rp230 juta, Sienta E CVT Rp245 juta, Sienta G MT Rp245 juta, Sienta G CVT Rp260 juta, Sienta V MT Rp260 juta, Sienta V CVT Rp275 juta. 

Sementara tipe tertinggi Sienta yang hanya tersedia dengan transmisi CVT, Sienta Q CVT, dijual dengan harga Rp295 juta.
Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016