Jakarta (ANTARA News) - Toyota Sienta yang baru diperkenalkan pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 memiliki beberapa perbedaan dengan Sienta yang populer di Jepang.

Toyota Sienta di Indonesia didesain sesuai dengan kebutuhan konsumen nasional dengan ground clereance setinggi 170mm serta memberikan pilihan transmisi manual yang tidak tersedia di Jepang.

Sienta terbagi dalam empat grade di antaranya E, G, dan V yang memiliki dua pilihan transmisi manual dan CTV. Adapun tipe Q hanya tersedia dengan transmisi CVT dengan 7 speed sport sequential shiftmatic.

Dimensi umum Toyota Sienta panjang 4.235mm, lebar 1.695mm, jarak roda 2.750mm dan overhang depan 780mm dan 705mm untuk belakang.

Mesin mobil mini van berpintu geser ini menggunakan 2NR-FE dengan 4silinder in line, 16 valve, DOHC, Dual VVT-i, berkapasitas 1.497 cc, dengan torsi maksimal 14.3/4.200 rpm.

Seluruh varian Sienta menggunakan rem ventilated disk di roda depan dan solid disk di belakang. Sementara demi kenyamanan berkendara, Sienta mengandalkan suspensi McPherson Coil with Stabilizer di depan dan Torsion Beam Coil with Stabilizer untuk belakang.

Tipe steering menggunakan rack and pinion dengan Tilt strering.

Di bagian kaki mobil terdapat perbedaan di mana Sienta grade E menggunakan ban berukuran 185/60R15 dengan velg steel, tipe G 185/60R15 dengan velg alloy.

Adapun grade V menggunakan ban yang lebih besar dengan ukuran 195/50R16 velg alloy machining dan ukuran 195/55R16 velg alloy machining untuk grade Q atau tertinggi.

Toyota memberikan tujuh pilihan warna untuk Sienta antara lain Super White, Gray Metallic, Silver Metallic, Black Mica, Orange Metallic, Quartz Brown Metallic dan Dark Brown Mica Metallic.

Fitur Toyota Sienta

Pintu geser

Semua tipe Toyota Sienta dilengkapi dengan pintu geser, namun khusus untuk Q,V dan G dilengkapi dengan power sliding door yang lebih praktis dan memudahkan penumpang baris kedua dan ketiga.

Kursi

Mini van ini menyediakan kursi untuk tujuh penumpang dengan row dive-in seat untuk baris ketiga di semua tipe Sienta. Ruang dihasilkan ketika melipat kursi bahkan cukup untuk meletakan dua sepeda gunung dan barang bawaan lain.

Dasbor dan setir

Dasbor Sienta didominasi warna hitam dengan garis silver yang mencermikan memberikan suasana lapang dilengkapi dengan tombol start stop untuk tipe Q dan V dan spedometer kombinasi terbaru dengan layar 4,2 TFT untuk tipe Q.

Lingkar kemudi Toyota Sienta tipe Q dan V menggunakan bahan berlapis kulit untuk memberikan kesan mewah dengan steering switch.

Tersedia retractable outer mirror untuk Toyota Sienta tipe Q dan V.

AC blower ganda

Selain tipe E, Sienta memberikan AC double blower untuk meningkatkan kenyamanan penumpang. Panel display AC juga menggunakan tampilan digital yang lebih modern.

Hiburan

Sienta tipe Q, V, dan G dilengkapi sistem audio layar sentuh 7 inci, DVD AVX, MP3, USB, AUX, iPod, Wi-Fi, Internet Browser dan Voice Command.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016