Bandung (ANTARA News) - Pelumas mesin mobil produksi PT Total Oil Indonesia (TOI), Total Quartz, kini mengusung teknologi terbaru mereka Age Resistance Technology (ART) yang memberikan manfaat berupa anti penuaan mesin.

Hal itu disampaikan Brand Manager PCMO & Fleet TOI Magdalena Naibaho di sela rangkaian acara Total Fun Drive menuju ke Dusun Bambu, Lembang, Bandung, Jumat.

"Mulai tahun ini, Total Quartz memperkenalkan teknologi ART, yang intinya teknologi anti penuaan mesin dengan menangkal tiga faktor utama penuaan mesin," katanya.

Ketiga faktor tersebut adalah gesekan, karat dan pengendapan kotoran.

Magdalena menuturkan bahwa jajaran produk Total Quartz memiliki keunggulan dalam menangkal tiga faktor tersebut, yang dibuktikan dengan skor penilaian yang didapat pada tiap faktor.

Berdasarkan standar maksimum penilaian gesekan yang ditetapkan oleh Institut Perminyakan Amerika Serikat (API) yakni setingkat 60, lanjut Magdalena, sementara hasil penilaian Total Quartz hanya setingkat 40 saja.

"Total Quartz ini nilainya 40, jauh di bawah standar maksimum yang ditetakan API," ujarnya.

Sementara untuk faktor karat, Total Quartz diklaim memastikan terjadinya proses terbaik zat-zat kimia yang bisa menimbulkan karat, yang bahkan berdasarkan penilaian bernilai 0, atau sama sekali tidak menimbulkan karat.

Sedangkan standar maksimum API sendiri untuk rasio penimbulan karat adalah 26.

Kemudian pada faktor ketiga, yakni pengendapan kotoran, Total Quartz kembali melampaui standar yang ditetapkan API sebanyak 8 poin, sementara hasil uji mereka mencapai angka 9,2 poin.
Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015