Yogyakarta (ANTARA News) - Main dealer sepeda motor Honda, PT Astra International Tbk - Honda (Astra Motor) meresmikan fasilitas pusat keselamatan berkendara (Astra Motor Safety Riding Center) pertama di Yogyakarta, Jumat.

Pembangunan AMSRC tersebut menjadi bagian dari inisiatif Astra Motor sebagai main dealer sepeda motor Honda untuk terus mengkampanyekan keselamatan berkendara, khususnya kendaraan roda dua.

"Selama 10 tahun terakhir permintaan dan kebutuhan alat transportasi yang terjangkau meningkat secara signifikan, pengendara sepeda motor pun makin banyak. Namun pertumbuhan itu tidak diiringi kesadaran berkendara dengan aman," kata Chief Executive Astra Motor Sigit Kumala.

Peresmian tersebut dihadiri juga oleh Kepala Koorps Lalu Lintas (Kakorlantas) Markas Besar Kepolisian RI Inspektur Jenderal Condro Kirono, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Direktur PT Astra International Tbk Johanes Loman, Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma, Direktur Pemasaran PT AHM Margono Tanuwijaya beserta jajaran Kepolisian Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang diwakili Wakapolda Komisaris Besar Polisi Imam Sugiyanto.

Kakorlantas Condro menyambut baik peresmian AMSRC yang dinilainya sebagai tempat strategis untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran keselamatan berkendara para pengguna roda dua.

"Ini menjadi tempat yang strategis untuk meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara. Yogyakarta sendiri menjadi lokasi yang tepat sebagai tempat berdirinya AMSRC, mengingat daerah ini laiknya miniatur Indonesia, segala suku bangsa yang ada di Indonesia terdapat juga di Yogyakarta," kata Condro dalam penyampaian sambutannya.

Tepatnya Yogyakarta sebagai lokasi AMSRC juga didukung oleh Wali Kota Haryadi yang menuturkan bahwa di wilayahnya saat ini telah berlaku kurikulum etika berlalu lintas.

"Itu juga program kerja sama pemkot dengan Astra Motor yang diperuntukkan untuk tingkat pendidikan Sekolah Dasat hingga Sekolah Menengah Atas.

"Di dalamnya, disisipkan misalnya pelajar diajari bagaimana menggunakan helm yang baik yang nantinya juga harus ditularkan kepada orang tua masing-masing," katanya.

Sementara itu, Sigit mengakui bahwa fasilitas AMSRC yang berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 99, Yogyakarta, di atas tanah seluas 1.792 meter persegi dan menghabiskan dana sedikitnya Rp10 miliar itu terbuka untuk semua kalangan.

Selain itu demi mengoptimalkan fungsi fasilitas tersebut Astra Motor juga menggandeng Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DI Yogyakarta untuk mengajak setiap sekolah di DIY agar mengunjungi AMSRC, sehingga penanaman mengenai keselamatan berkendara berlangsung sejak dini.

Sebagai informasi, meski baru diresmikan pada hari ini, AMSRC yang dibangun sejak Mei 2014 telah beroperasi sejak Januari 2015 dan hingga April 2015 sudah melangsungkan 17 kali pelatihan yang melibatkan sedikitnya 371 orang peserta.

Sigit sendiri menyebutkan pihaknya menargetkan sepanjang 2015 nantinya AMSRC mampu menggelar 448 kali pelatihan dengan jumlah peserta sekira 45.000 orang.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015