Jakarta (ANTARA News) - Brand Toyota mendominasi penjualan mobil secara online di Indonesia pada 2014 dengan meraih pangsa pasar 30,2 persen lewat dua model andalannya, Toyota Avanza dan Innova, menurut data laman jual beli mobil Mobil123.com.

Sementara posisi kedua ditempati Honda dengan prosentase 15,1 persen, kemudian Suzuki diposisi ketiga dengan 13,6 persen, dan Daihatsu merebut 11,7 persen.

"Ini membuktikan masyarakat Indonesia sudah menggunakan Internet untuk mencari mobil-mobil idaman mereka..," kata Country Manager Mobil123, PC Gan, dalam media gathering di Jakarta, Selasa.

Dari sisi model, Toyota Avanza juga meraih posisi penjualan tertinggi dengan 5,4 persen, diikuti Daihatsu Xenia 4,6 persen, kemudian Toyota Innova meraih 4,5 persen, lalu Suzuki MPV 3,7 persen, dan Honda Jazz 3,3 persen.

Selain mengumumkan mengenai data penjualan mobil secara online tahun 2014, Mobil123.com juga telah merilis New Car Showroom (NCSR) yang merupakan wajah baru showroom online untuk mobil baru.

Di NCSR, kata PC Gan, calon pembeli bisa melakukan riset tentang mobil yang dingin dibeli dengan membaca ulasan yang tersedia, membandingkan fitur serta harga, bahkan mengajukan sesi test drive.

Tahun ini, kata PC Gan, Mobil123.com akan lebih dalam melakukan penetrasi di pasar Indonesia. Untuk lebih dekat dengan para pengguna website-nya, Mobil123.com membuka kantor perwakilan baru di salah satu bursa mobil terbesar di Indonesia yaitu WTC Mangga Dua.

Mobil123.com juga memiliki perwakilan di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Jumlah listing pun diperkirakan akan meningkat tajam dan makin beragam karena Mobil123.com kini sudah memiliki Sistem Manajemen Respon & Iklan atau SI JARI. Aplikasi ini sudah menarik perhatian 1.900 pengguna aktif di bulan pertama peluncuran.

Dari berbagai fitur dan kelebihan yang ditawarkan oleh SI JARI, salah satu alasan terbaik adalah para penjual dapat mengelola inventori mereka serta memonitor aktivitas para tenaga penjual.

SI JARI, menurut PC Gan, bisa diunduh gratis di Google Playstore atau digunakan langsung melalui browser dari perangkat apapun.Dan tidak lama lagi kami akan meluncurkan iOS app untuk SI JARI.

Hingga kini aplikasi SI JARI telah diunduh oleh lebih dari 3.000 pengguna.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015