Jakarta (ANTARA News) - Honda Mobilio menguasai 22 persen pasar Kendaraan serba guna kecil (LMPV) secara nasional pada Januari - Mei 2014, sehingga menjadi pemain kedua terbesar di segmen tersebut.

Direktur Pemasaran dan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy di Jakarta, Kamis, mengatakan selama lima bulan pertama penjualan Mobilio telah menembus angka 33.550 unit.

Mobil yang pertama kali dipasarkan pada Indonesia International Motor Show 2013 itu, kata dia, telah menjadi kedua terlaris di Indonesia.

"Bahkan di Semarang, Solo, dan Yogyakarta, Mobilio menjadi kendaraaan  nomor 1," ujarnya pada peluncuran varian tertinggi Honda Mobilio RS.

Jonfis mengklaim pertumbuhan penjualan otomotif nasional, salah satunya didorong oleh penjualan Honda Mobilio.

Presdir HPM Tomoki Uchida menilai pencapaian itu merupakan kinerja yang luar biasa, sehingga Mobilio menjadi produk penting bagi Honda di Indonesia.

"Sampai akhir Mei penjualan kami telah mencapai 65 ribu unit naik 56 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Honda Mobilio memberi kontribusi terbesar," katanya.

Oleh karena itulah, lanjut Uchida, pihaknya akan terus memperhatikan Mobilio, sehingga meskipun belum satu tahun HPM menambah varian dengan Mobilio RS yang lebih mewah dan sporty.

"Kami terus memantau perkembangan pasar untuk mendapatkan masukan tentang produk kami," ujarnya.

LMPV merupakan salah satu pasar terbesar mobil di Indonesia.

Pada tahun lalu total penjualan mobil di segmen tersebut mencapai 332.971 unit.

Para pemain yang masuk di segmen tersebut selain Honda Mobilio antara lain Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga.

Sejak LMPV diperkenalkan pada 2004 oleh Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, hingga akhir 2013, total penjualan LMPV secara nasional telah menembus angka 1.728.197 unit.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014