Jakarta (ANTARA News) - Toyota Astra Motor memprediksi bahwa penjualan mobil relatif stagnan menjelang Lebaran Idul Fitri 2014 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, penjualan diperkirakan naik lima persen dibanding bulan sebelumnya.

"Market tahun lalu dan tahun ini, secara umum penjualan menjelang Lebaran sama. Namun, kalau penjualan Lebaran 2014 dibanding bulan sebelumnya itu akan naik sedikit, sekitar lima persen," kata Direktur Keuangan Toyota Astra Motor Rahmat Samulo di Cibitung, Jabar, Minggu.

Terlebih, lanjut Rahmat, waktu kerja pada Mei 2014 relatif terbatas, mengingat banyak tanggal merah yang mengharuskan seluruh karyawan libur, termasuk karyawan Toyota, sehingga penjualan pada Juni akan diprediksi akan lebih besar.

Kenaikan tersebut, sambung Rahmat, kemungkinan besar akan didominasi oleh penjualan mobil jenis MPV, seperti kijang, avanza dan SUV, seperti Fortuner dan Rush.

Menurut Rahmat, yang terpenting bagi Toyota menjelang Lebaran adalah meningkatkan pelayanan dengan menambah jam operasional bengkel, menetapkan bengkel-bengket jaga dan Piket, terutama di jalur mudik Lebaran.

"Di masa lebaran itu yang penting adalah konsumen merasa tenang menggunakan Toyota. Terlebih ketika mereka ingin melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman," kata Rahmat.(*)

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014