Jakarta (ANTARA) - Toyota menyediakan 3.374 kendaraan rendah emisi untuk mendukung penyelenggaraan pesta olahraga dunia  Olimpiade dan Paralimpiade 2024 di Paris, Prancis.

"Harapannya, kehadiran berbagai kendaraan Toyota di ajang pesta olahraga dunia ini bisa memberikan inspirasi dan keyakinan kepada dunia bahwa dengan semangat kebersamaan kita bisa mencapai target zero emission pada 2060 seperti yang dicanangkan PBB dalam menghadapi pemanasan global dan perubahan iklim," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto sebagaimana dikutip dalam siaran pers perusahaan di Jakarta, Senin.

Menurut perusahaan, Toyota sejak 2015 turut membantu menghadapi perubahan iklim dan pemanasan global dengan meluncurkan Toyota 2050 Challenge untuk mencapai target penurunan emisi antara lain melalui daur ulang serta efisiensi penggunaan energi dan air mulai dari lingkungan pabrik sampai proses distribusi produk ke konsumen.

Baca juga: Toyota target luncurkan 30 model BEV hingga 2030

Baca juga: Toyota berencana bangun pabrik kendaraan elektrik di China

Dalam upaya mewujudkan visi Sustainable Mobility Solutions dan Mobility for All perusahaan mendemonstrasikan 700 personal dan group mobility products untuk memberikan kemudahan bergerak kepada siapa saja.

Guna mendukung kegiatan ini, Toyota global menyediakan sarana mobilitas ramah lingkungan berupa 250 unit C+walkS (duduk) dan C+walkT (berdiri) serta sebuah Personal Battery Electric Vehicle dengan kecepatan maksimum 6 km/jam.

Di samping itu, ada pula 200 unit e-puller atau kursi roda bertenaga listrik, 250 Accessible People Movers (APM) yang mudah diakses oleh difabel, dan 150 BEV Toyota Proace Verso yang dapat diakses pengguna kursi roda.

Sarana-sarana mobilitas itu akan tetap disediakan di Paris setelah Olimpiade agar dapat digunakan oleh masyarakat setempat.

Toyota selanjutnya menyediakan 2.650 kendaraan elektrik penuh bagi penumpang yang menuju ke Ibukota Prancis berupa BEV Toyota bZ4X, Proace dan Proace Verso, Lexus RZ, Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), serta Toyota Mirai.

Baca juga: Toyota ubah sampah jadi listrik, daur ulang baterai

Baca juga: Toyota sediakan 130 unit mobil listrik bZ4X untuk World Water Forum
 

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024