Jakarta (ANTARA) - Pabrikan otomotif asal Jerman, BMW dikabarkan tengah menguji coba penggunaan robot humanoid di pabrik mereka yang berlokasi di Spartanburg, Carolina Selatan.

CarsCoops pada Jumat melaporkan bahwa robot humanoid ini dikenal sebagai Figure 02, yang dilahirkan dari perusahaan robot asal California, yakni Figure.

Dalam uji coba ini, Figure 02 akan dimanfaatkan untuk membantu kegiatan manusia seperti memasukkan bagian-bagian lembaran logam ke dalam perlengkapan tertentu yang kemudian digunakan untuk merakit bagian dari rangka kendaraan untuk beberapa minggu ke depan.

Baca juga: BMW pekerjakan robot anjing untuk endus masalah di pabriknya

Baca juga: BMW pesan 5.000 unit robot KUKA


Jika nanti uji coba ini dikatakan berhasil, kedua perubahan ini sepakat untuk terus mengembangkan robot dan mungkin akan menggunakannya lebih sering di masa mendatang.

Produsen mobil Jerman itu menambahkan bahwa uji coba tersebut memberikan informasi berharga tentang cara menggabungkan robot ke dalam sistem produksi yang ada dan mencatat bahwa robot humanoid seperti ini dapat mencegah karyawan melakukan tugas yang secara ergonomis sulit dan melelahkan.

Sebuah video yang dirilis oleh BMW menunjukkan armada robot berjalan-jalan di sekitar pabrik BMW dan mengambil serta meletakkan berbagai potongan logam. Figure 02 menggunakan sistem AI yang kompleks dan dilengkapi kamera, mikrofon, dan sensor canggih.

Robot ini bahkan memiliki tangan dengan kekuatan genggaman manusia. Mirip seperti robot humanoid Tesla, 02 berjalan lambat dan terlihat canggung.

Namun, robot ini tidak memerlukan perawatan kesehatan atau cuti sakit, jadi penggunaan robot seperti ini pada akhirnya dapat membantu produsen mobil seperti BMW menghemat biaya tenaga kerja.

Dengan uji coba ini, Tesla bukan menjadi satu-satunya perusahaan yang memanfaatkan teknologi robotik dalam pengawasan pabrik mereka.

Baca juga: Dongfeng akan gunakan robot humanoid dalam proses produksi kendaraan

Baca juga: Beijing dirikan pusat inovasi robot humanoid

Baca juga: Tesla pamerkan robot "humanoid" bernama Optimus

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024