Jakarta (ANTARA News) - Honda baru menyatakan bahwa akan menghentikan produksi sedan Insight, kendaraan hybrid yang kurang menggeliat di pasar otomotif dibandingkan Toyota Prius.

Produksi akan dihentikan akhir musim panas ini, meskipun mobilnya masih akan ada di beberapa dealer sebagai inventoris hingga akhir tahun. Mobil ini masih menjadi mobil hybrid termurah di pasaran dengan harga mulai 18.725 dolar Amerika sebelum tambahan biaya sebesar 790 dolar Amerika untuk sebuah mobil yang mampu menempu jarak 42 mil per galon kombinasi.

Seperti dikutip laman USA Today, yang menjadi masalah adalah Toyota Prius memiliki model yang lebih anggun, dua sistem mode hybrid yang mampu menempuh jarak 50 mil per galon.

Honda menyebut bahwa mereka akan lebih fokus pada hybrid yang lebih maju dibandingkan hybrid yang sederhana seperti Insight. Hal tersebut merujuk pada Accord hybrid plug-in, yang mampu menempuh jarak 50mpg dalam kota.

"Tidak ada pabrikan yang memiliki pengalaman dengan teknologi elektronik melebihi Honda dan kami berkomitmen untuk mengaplikasikan keahlian kami dengan jajaran produk yang lebih banyak lagi pada tahun-tahun mendatang," kata Senior President Auto Operations di American Honda, Michael Accavitti.

Penerjemah: Deny Yuliansari
Copyright © ANTARA 2014