Jakarta (ANTARA) - Mengendarai mobil pribadi menjadi salah satu opsi yang lebih pratis untuk mobilitas sehari-hari, termasuk untuk kalangan mahasiswa.

Kendati demikian, kalangan mahasiswa belum memiliki budget yang cukup besar untuk memiliki mobil sendiri sehingga banyak hal yang menjadi pertimbangan, meliputi harga, efisiensi bahan bakar, biaya perawatan, dan ukuran yang kompak.

Berikut adalah beberapa rekomendasi mobil yang cocok untuk mahasiswa Indonesia:

1. Honda Brio Satya
 
Hinda Brio yang hadir pada ajang GIIAS 2022 (ANTARA/Ho/Honda)


Honda Brio Satya adalah pilihan yang sangat baik untuk mahasiswa. Mobil ini memiliki desain yang stylish dan mesin yang efisien serta responsif. Brio Satya juga termasuk dalam kategori LCGC, sehingga ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Interior yang nyaman dan fitur keselamatan yang baik membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk perjalanan harian.

2. Honda Jazz
 
Peluncuran New Honda Jazz Surabaya Pengunjung mengamati produk New Honda Jazz saat peluncuran produk tersebut di surabaya, Jawa Timur, Jumat (28/7). Antara Jatim/Zabur Karuru/17


Harganya memang lebih mahal jika dibanding Honda Brio. Namun fitur yang ditawarkan oleh Honda Jazz cukup sebanding. Desain yang sporty membuatnya disukai oleh kalangan muda seperti mahasiswa. Kabin Honda Jazz juga cukup nyaman dan lapang. Kapasitas bagasi pun bisa ditingkatkan dengan melipat bangku baris kedua bila membutuhkan ruang yang lebih luas untuk menyimpan barang yang lebih besar.

3. Toyota Agya / Daihatsu Ayla
 
Toyota All New Agya GR Sport melakukan test drive di Bali, Selasa (4/4/2023). (ANTARA/Adimas Raditya)


Toyota Agya dan Daihatsu Ayla adalah dua mobil LCGC (Low Cost Green Car) yang sangat populer di kalangan mahasiswa. Kedua mobil ini menawarkan harga yang terjangkau, efisiensi bahan bakar yang tinggi, dan biaya perawatan yang rendah. Dengan ukuran yang kompak, Agya dan Ayla mudah diparkir dan sangat cocok untuk berkendara di perkotaan. Desainnya yang modern dan sporty juga menambah daya tarik di kalangan anak muda.

4. Suzuki Ignis
​​​​​​​
Suzuki New Ignis (ANTARA/Alviansyah P)


Jika anggaranmu untuk membeli mobil berada di bawah Rp200 juta, maka Suzuki Ignis bisa menjadi pilihan. Desain mobil ini sedikit berbeda dari opsi yang telah disebutkan sebelumnya, namun justru itulah yang menjadi daya tariknya. Ignis dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung penampilannya, seperti lampu LED. Daya tarik lainnya adalah penggunaan roof rail dan ground clearance yang tinggi. Hal ini membuatnya ideal untuk anak muda yang menyukai petualangan. Saat ini, varian tertingginya adalah Suzuki Ignis GX AGS yang dilengkapi dengan mesin 1.200 cc.

5. Nissan March
 
New Nissan March yang diluncurkan di Tangerang, Senin (13/2/2017). (ANTARA News/Gilang Galiartha)


Menawarkan desain yang menarik dan modern. Mobil ini dikenal dengan kenyamanan berkendaranya dan efisiensi bahan bakar yang baik. Ukurannya yang kompak membuatnya mudah diparkir dan cocok untuk penggunaan di perkotaan. March merupakan pilihan yang tepat bagi mahasiswa yang menginginkan mobil dengan tampilan stylish dan performa yang handal.

6. Mitsubishi Mirage
 
Mitsubishi New Mirage di Malang, Jawa Timur, Selasa. (ANTARA News/Alviansyah Pasaribu)


Mobil yang sangat cocok untuk mahasiswa karena desainnya yang stylish dan modern serta efisiensi bahan bakar yang tinggi menjadikannya pilihan yang ideal untuk penggunaan harian. Mirage menawarkan kenyamanan berkendara dan fitur-fitur keselamatan yang baik, sehingga memberikan rasa aman bagi pengemudi dan penumpangnya.

7.Mazda 2 Hatchback
​​​​​​​
All New Mazda2 (ANTARA News/Alviansyah Pasaribu)

​​​​​​​
Bila mencari hatchback dengan tampilan sporty, ada opsi lain yakni Mazda2 hatchback. Selain tampilan eksterior yang kental aura sporty, fitur hiburannya cukup lengkap. Bantingan suspensinya memang terasa agak keras, namun membuat pengendaliannya lebih asyik saat bermanuver.​​​​​​​

Demikian 7 rekomendasi mobil yang cocok untuk mahasiswa. Perlu diingat untuk selalu lakukan test drive dan konsultasi dengan dealer untuk mendapatkan penawaran terbaik yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Dengan mobil yang tepat, mobilitas anda sebagai mahasiswa akan menjadi lebih nyaman dan efisien.

Baca juga: Rekomendasi mobil cantik untuk para wanita

Baca juga: 6 rekomendasi asuransi mobil terbaik untuk lindungi mobil

Baca juga: 3 rekomendasi produk pinjaman untuk membeli mobil, mana yang paling cocok dipilih?
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024