Jakarta (ANTARA News) -  Mobilio  yang baru-baru ini diluncurkan Honda  Prospect Motor sepertinya ingin memasuki celah pasar  yang selama ini belum tergarap produk lain di kelas low multi purpose vehicle (LMPV)

PT. Honda Prospect Motor sebelum meluncurkan Mobilio terlebih dulu melakukan riset terhadap konsumen LMPV dan mobil serbaguna itu.

Dibandingkan tiga mobil sejenis yang sudah ada di pasaran, Honda mengklaim Mobilio memiliki setidaknya empat fitur yakni kabin luas dan fkleksibel, peforma mesin tinggi tapi irit, ground clearance tinggi tapi stabil, dan juga kelengkapan fitur keamanan.

"Pasar LMPV itu kan 40 persen. Sekarang jika semua merek sudah masuk, konsumen akan punya banyak pilihan dong. Kami ingin tawarkan sesuatu yang tidak sama dengan kompetitor," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT. Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy di sela uji kemudi di Yogyakarta, Rabu (5/2).

Dari sesi uji kemudi Mobilio tipe E manual, E CVT dan Prestige, di wilayah Yogyakarta dan Sleman yang menghabiskan jarak 60 kilometer, ditemukan kabin luas yang dimaksud Mobilio memang cukup memanjakan penumpangnya di tiga baris bangku yang terdapat di kendaraan itu.

Ruang kaki, ruang kepala dan pandangan yang luas cukup memberikan kenyamanan bagi penumpang, ditambah AC double blower dan fasilitas kemudahan lainnya seperti "One Touch Tumble" untuk berpindah ke bangku baris ketiga.

Di panel tiga display meter teradapat fitur ECO Indicator yang akan hidup untuk menandakan gaya mengemudi sudah sesuai dengan orientasi irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Perpindahan transmisi menggunakan mesin Continous Variable Transmission (CVT), yang diproduksi di Indonesia, juga memungkinkan untuk perpindahan yang lebih halus dengan diiringi iritnya bahan bakar.

"Saat menggunakan tipe prestige, perpindahan transmisi tetap halus, walaupun tunggangan diajak bermanuver melewati kelokan dan tanjakan," kata salah satu peserta tes kemudi, Muhammad Yusuf (29).

Mobilio memiliki ground clearance setinggi 189 mm. Angka ini diakui HPM bukan yang tertinggi di kelasnya, di pasar Indonesia.

"Namun, tinggi 189 mm itu sesuai riset kami sudah mampu membuat kendaraan tetap nyaman dan aman melwati berbagai jalan di Indonesia," kata Asisten Public Relation HPM Yulian Arfili.

Menurut beberapa rekan peserta tes kemudi, suspensi Mobilio saat melewati berbagai kondisi jalan yang rusak atau berliku cukup stabil, meskipun terdapat beberapa getaran.

Mobilio didukung mesin i-VTEC SOHC 1,5L, 16 valve yang mampu menghasilkan tenaga 118 PS pada putaran mesin 6.600 rpm.

Ingin menjadi pilihan baru keluarga
Sepertinya, Mobilio memang ingin memasuki celah pasar di konsumen LMPV yang selama ini belum tergarap produk lain.

Bagi yang memiliki tinggi 165 sentimeter sampai 175 sentimeter, dalam tes kemudi Rabu (5/2) kemarin, kaki dapat direbahkan dengan leluasa dengan ruang kaki yang luas, dibantu juga dengan kulit jok yang tipis.

Di baris kedua dan ketiga, keleluasaan itu didapat dengan sedikit bantuan fitur untuk memajukan dan memundurkan kursi.

Saat hendak ke baris ketiga, penumpang mendapatkan kemudahan dengan fitur "One Touch Tumble" yang membutuhkan satu sentuhan untuk dapat melipat bangku baris kedua.

Ketika duduk di baris kedua, kenyamanan tetap terjaga meskipun mobil sedang melintasi jalan berlubang atau pun bergelombang.

Namun, saat berpindah ke bangku ketiga, terdapat sedikit getaran.

Dari sisi audio, suara yang keluar dari pengeras, yang terletak di sisi bangku baris ketiga, mampu menghasilkan suara yang jernih dan nyaman terdengar di telinga.
 
Melongok ke bagasi, terdapat ruang yang cukup untuk menampung tiga koper besar yang biasa digunakan keluarga saat pergi berlibur.

Dari sisi keseluruhan interior, menurut peserta tes kemudi, Muhammad Yusuf, terdapat kelemahan pada dashboard yang desainnya sangat sederhana, sehingga membuat tampilan kurang elegan.

Survei
Menurut Jonfis Fandy, survei untuk Mobilio dilakukan dengan cukup rumit. Untuk segi kenyamanan pun, dia mengakui, hasil riset kepada konsumen wanita menjadi salah satu pertimbangan utama, karena dari segi prilaku konsumen, yang memilih mobil untuk keluarga biasanya adalah istri.

Sedangkan pria kebanyakan menjadi penentu pembeli produk mobil untuk varian sedan.

Honda melakukan survei terhadap konsumen dengan melakukan kunjungan ke rumah, meneliti penggunaan mobil, karakter jalan, ruang parkir, hingga garasi rumah.

Faktor lain yang diklaim Honda menjadi kelebihan Mobilio adalah harga yang terjangkau (dibanderol Rp159 juta hingga Rp198 juta) dan paket perawatan yang murah.
Oleh
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014