Jakarta (ANTARA News) - Grup Astra selaku salah satu produsen otomotif tanah air, menyatakan komitmennya untuk terus mengajak masyarakat membudayakan keselamatan berkendara.

“Secara konsisten Grup Astra melakukan kampanye dan edukasi tentang keselamatan berkendara pada masyarakat. Edukasi dilakukan secara formal yaitu melalui jenjang pendidikan taman kanak–kanak hingga perguruan tinggi dan informal melalui berbagai macam kegiatan," kata Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto dalam acara silaturahmi dengan Kakorlantas, Inspektur Jenderal Polisi Drs Pudji Hartanto MM, Minggu (26/1).

Prijono menjelaskan bahwa Astra mendukung Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas yang digagas oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagai wujud komitmen untuk terus mengajak masyarakat membudayakan keselamatan berkendara di jalan raya.

Pada Minggu (26/1), berlokasi di sepanjang Jl. Jend. Sudirman – Jl. M. H. Thamrin, Jakarta diselenggarakan pencanangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas dan deklarasi pelopor keselamatan berlalu lintas yang dihadiri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden RI Boediono.

Kegiatan ini bertujuan mengajak seluruh lapisan masyarakat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dengan menumbuhkan kesadaran setiap individu pengguna jalan, sehingga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas bisa terwujud.

Dalam acara tersebut PT Astra International Tbk menerima penghargaan atas kepeduliannya dalam mewujudkan keamanan dan keselamatan berlalu lintas. Penghargaan diserahkan oleh Kepala Polisi Republik Indonesia Jenderal Sutarman kepada Direktur PT Astra International Tbk Johnny Darmawan.

Acara tersebut turut dihadiri oleh jajaran manajemen Grup Astra seperti Deputy Director PT Astra International Tbk Suparno Djasmin, Chief of Corporate Communications PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas, Presiden Direktur PT Asuransi Astra Buana Hardi Montana, Chief Operating Officer PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operations Toto Suryana, Direktur PT Astra Sedaya Finance Anton Rusli dan Direktur PT Federal International Finance Sutjahja Nugroho.

Dalam acara tersebut, Grup Astra memberikan edukasi dan sosialisasi keselamatan berkendara kepada masyarakat. Salah satunya Daihatsu yang menggelar program safety driving simulator sebagai pelatihan untuk mengetahui cara mengemudi yang aman, dan Honda Riding Trainer yang merupakan simulator untuk memprediksi bahaya di jalan.

Sementara itu Grup Astra lainnya Toyota Indonesia memasukkan Traffic Safety, sebuah program yang berkomitmen untuk mengembangkan upaya dalam mengurangi permasalahan lalu lintas seperti kecelakaan dan kemacetan, sebagai salah satu dari empat pilar komitmennya dalam hal kontribusi sosial.

Traffic Safety dilakukan dengan menggelar sejumlah program pendidikan keselamatan dalam mengemudi (safety driving) di beberapa daerah dengan berbagai peserta, dan komunitas-komunitas Toyota (Toyota Kijang Club, Avanza-Xenia Club, Toyota Corolla Indonesia, dan lain-lain).

Edukasi dan sosialisasi keselamatan berkendara juga dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) dengan beragam metode yang mengusung konsep ART (Attitude, Responsible, Tactics) Riding yang komprehensif, melalui edukasi pengetahuan lalu lintas hingga etika dan teknik berkendara yang aman di setiap level pendidikan, mulai dari jenjang pendidikan taman kanak – kanak hingga perguruan tinggi.

Setiap tahunnya, AHM bersama jaringan main dealer Honda aktif melakukan sekitar 800 kegiatan edukasi safety riding kepada sekitar 90.000 masyarakat di seluruh Indonesia.

AHM juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk mengembangkan kurikulum pembelajaran etika berlalu lintas untuk siswa SMA/SMK dan SMP di 22 provinsi. Upaya ini akan terus dikembangkan ke provinsi lain.

Sedangkan anak perusahaan Astra yang lain yaitu Asuransi Astra, FIF Group, Astra Credit Companies juga selalu mengampanyekan safety driving kepada nasabah dan karyawannya.

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014