Jayapura (ANTARA) -

"Dalam waktu dekat kami akan segera mendistribusikan paket-paket bantuan ini beserta hal lainnya kepada masyarakat," kata Koordinator Wilayah Grup Astra Papua Lesly Allen Siahaya kepada Antara di Jayapura, Kamis.

Setiap unggahan program "Semangat Saling Bantu" di media sosial dikonversi dalam bentuk paket bantuan yang akan didistribusikan ke masyarakat.

Menurut Lesly, ini adalah bentuk kepedulian Astra terhadap masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 di mana pun berada termasuk Papua.

Sebelumnya, Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah mengatakan secara bertahap Astra akan mendistribusikan bantuan ke 34 provinsi di seluruh Indonesia.

"Astra senantiasa bersama masyarakat, tenaga kesehatan, dan pemerintah dalam menghadapi dampak dari pandemi COVID-19," katanya.

Hingga penutupan pada 7 September 2021, aktivasi di media sosial gerakan #SemangatSalingBantu berhasil mengumpulkan 101.166 unggahan pesan dari berbagai kalangan mulai dari publik figur, tenaga kesehatan, dan masyarakat luas.

Tak sedikit yang berfoto dengan memamerkan pesan semangat di atas secarik kertas untuk yang bertugas di garda terdepan penanganan pandemi COVID-19 sekaligus mengajak masyarakat lainnya untuk turut serta dalam gerakan #SemangatSalingBantu.

Dari 101.166 unggahan pesan tersebut, Astra melalui Nurani Astra telah mengonversi menjadi 101.166 paket bantuan berupa makanan siap saji atau bahan pokok makanan yang telah didistribusikan secara bertahap ke berbagai wilayah di Indonesia.

Adapun daerah yang telah dijangkau bantuan Semangat Saling Bantu antara lain Daerah Istimewa Yogyakarta,
Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sumatra Selatan, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan berbagai wilayah lain di seluruh Indonesia.

Selain itu, bekerjasama dengan Halodoc, Astra menyediakan 7.600 kupon berupa voucher Halofit (Rp100.000) dan GoFood (Rp200.000) untuk masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Berbagai bantuan tersebut merupakan rangkaian dari hasil konversi aktivasi Gerakan #SemangatSalingBantu di media sosial yang diluncurkan Astra sejak 2 Agustus 2021 seiring dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Setiap satu konten yang diunggah di media sosial dengan tagar #SemangatSalingBantu dan mention salah satu akun @satu_indonesia di Instagram, atau TikTok atau Twitter, atau Semangat Astra Terpadu di Facebook sesuai syarat dan ketentuan dikonversi oleh Astra menjadi satu paket bantuan berupa bahan makanan pokok bagi kebutuhan pasien COVID-19 dan masyarakat yang terdampak pandemi.


Baca juga: Indonesia terima 207.000 dosis vaksin AstraZeneca

Baca juga: Fintech Astra dan Batumbu bermitra salurkan Rp100 miliar bagi UMKM

Baca juga: 583.400 dosis vaksin COVID-19 Astra Zeneca tiba di Indonesia

Pewarta: H020
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021