Jakarta (ANTARA) - Teknologi pintar yang kini menjadi daya saing pada industri otomotif ialah Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), fitur ini juga ditawarkan pada produk terbaru NETA, yakni NETA V-II.

ADAS berfungsi untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara di mana teknologi ini menggabungkan sensor, kamera serta sistem pintar menggunakan kecerdasan buatan (AI) yang dapat mendeteksi area mobil sehingga membantu pengemudi mencegah potensi kecelakaan saat sedang berkendara. 

Kelengkapan dan ragam fitur pada ADAS yang ditawarkan tiap mobil pun beragam. Menurut siaran pers, Senin, NETA V-II memiliki fitur Smart Driving dengan 9 fungsi ADAS.

Fitur pertama ialah Forward Collision Warning (FCW). Teknologi ini mampu mendeteksi objek di sekitar depan kendaraan yang berpotensi tertabrak, dan akan memberikan peringatan kepada pengemudi.

Baca juga: NETA mulai produksi mobil listrik V-II di Bekasi

FCW berhubungan langsung dengan fitur kedua mobil ini yakni Automatic Emergency Braking (AEB).

Ketika mobil mendeteksi objek yang berpotensi mengakibatkan tabrakan, sistem akan melakukan bantuan pengereman otomatis untuk mengurangi dampak tabrakan.

Selanjutnya, NETA V-II juga telah dilengkapi Front Vehicle Start Alert (FVSA), berfungsi mendeteksi pergerakan objek yang ada di mobil.

Saat kondisi berhenti di lampu merah, dan rambu-rambu berubah hijau, kemudian kendaraan di depan NETA V-II bergerak maju, sistem akan memberikan peringatan berupa suara kepada pengendara bahwa kendaraan di depan telah melaju.

Baca juga: Ini alasan NETA lebih dulu umumkan harga NETA V-II varian tertinggi

Fitur Full- Speed Adaptive Cruise Control (ACC) pada mobil ini membantu mobil berakselerasi dan deselerasi secara otomatis, menyesuaikan kecepatan kendaraan di depannya.

Tak hanya itu, mobil yang dirancang untuk menunjang mobilitas perkotaan ini juga dilengkapi fitur ADAS Traffic Jam Assist (TJA).

Sistem ini adalah bagian dari Adaptive Cruise Control (ACC) yang membaca jarak mobil di depannya dan membantu mobil berakselerasi dan deselerasi secara otomatis saat berada di kemacetan atau saat di jalan raya, memberikan pengalaman berkendara yang nyaman, serta mengurangi kelelahan berkendara saat macet.

Baca juga: NETA targetkan penjualan 10 ribu mobil listrik tahun ini

NETA V-II dapat melaju dan mempertahankan kecepatannya sesuai angka yang telah ditentukan dengan minimal kecepatan di atas 60 km/jam, berkat fitur Intelligent Cruise Assist (ICA).

Sistem ini membantu menjaga mobil agar selalu berada di jarak yang aman dari mobil di depan. Umumnya ICA nyaman digunakan saat melaju di jalan tol.

Lebih lanjut, NETA V versi terbaru ini juga telah dibekali Lane Departure Warning (LDW). Fitur ini membantu mendeteksi apabila mobil keluar garis jalur tanpa disengaja dan akan memberikan peringatan.

Apabila peringatan dari LDW diabaikan oleh pengemudi, maka sistem akan melakukan koreksi pada setir, agar mobil kembali ke lajur yang benar. Ini merupakan peranan dari fitur Emergency Lane Keeping System (ELKS).

Baca juga: Perbedaan NETA V-II dengan versi lalu, ada ADAS meski lebih murah

Fitur pintar terakhir dari SUV berukuran ringkas ini adalah High Beam Assist (HBA), yang memungkinkan lampu depan mobil secara otomatis beralih antara lampu jauh dan lampu dekat, tergantung pada kondisi lalu lintas.

“Mengingat kondisi jalanan di Indonesia, khususnya di area perkotaan yang begitu padat sering membuat pengendara cepat lelah dan kurang awas. Dengan fitur ADAS ini, beban pengendara dapat berkurang dapat memberikan bantuan serta mengurangi dampak saat terjadi tabrakan,” ungkap Product Planning Manager PT NETA Auto Indonesia Jordy Angkawidjaja.

Dilego seharga Rp299 juta (On the road Jakarta), NETA V-II juga ditawarkan dengan berbagai keuntungan, seperti garansi seumur hidup, gratis saldo PLN Mobile Rp2,5 juta, hingga gratis wall charging beserta instalasi.

Baca juga: NETA V-II dibanderol dengan harga Rp299 juta

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024