Jakarta (ANTARA) - CEO Barcode Gokart, Daniel Sugiharto mengatakan bahwa hadirnya wahana bermain gokart ini atas keresahannya di mana Indonesia dinilainya belum banyak memiliki lintasan gokart yang bertaraf internasional untuk para pencinta gokart berprestasi.

“Melihat Indonesia ini tidak punya satu lintasan balap yang layak, bahkan kita kalah dengan negara tetangga, sebut saja Malaysia yang sudah jauh lebih berkembang untuk menyediakan lintasan balap yang bertaraf internasional,” kata Daniel Sugiharto di Jakarta, Kamis. 

Dia berharap dengan hadirnya fasilitas terbaru yang sudah bertaraf internasional, mulai dari lintasan hingga fasilitas pendukung lainnya ini bisa mencetak atlet berprestasi yang bisa terjun ke dunia balap Formula 1.

Baca juga: Wahana gokart bertaraf internasional hadir di Kelapa Gading

Dia menuturkan bahwa kebanyakan para pebalap Formula 1, mengawali karinya melalui lintasan gokart. Oleh karena itu, pihaknya tidak main-main memberikan berbagai fasilitas, terlebih unit yang disediakan juga memiliki kecepatan yang dapat mencapai 70 km/h.

“Orang yang mau balap F1 itu rata-rata mereka berawal dari gokart. Nah, kita ingin menyediakan fasilitas untuk memupuk bibit itu dengan unit yang sudah proper dengan kecepatan hingga 70 km/h untuk kelas pro,” ucap dia.

Baca juga: Pembalap cilik gokart Aleric naik kelas jelang kejurnas

Tidak hanya menyediakan fasilitas yang mumpuni, Barcode Gokart juga berencana untuk menghadirkan kelas khusus bagi mereka yang ingin berkarir di dunia motorsport khususnya Formula 1.

“Kita juga berencana untuk membuka kelas akademik, di mana nanti kita akan latih mereka mulai dari skil hingga mental mereka untuk nantinya bisa bersaing di taraf internasional,” ujar dia.

Barcode Gokart hadir dengan menggunakan unit yang dibawa langsung dari Perancis melalui brand Sodikart. Perusahaan ini sudah dikenal luas oleh para pencinta gokart mancanegara.

Baca juga: Qarrar Firhand dapat dorongan semangat setelah bertemu Valentino Rossi

Perusahaan penyedia olahraga karting ini, diketahui telah memiliki reputasi yang positif oleh para karting profesional. Perusahaan ini sudah menginvestasikan energi dan juga keahliannya dalam menghadirkan unit-unit yang mumpuni untuk digunakan baik bagi pemula hingga profesional.

Dalam hal ini, Barcode gokart membawa unit berseri Norm NF S52-002. Gokart yang menggunakan Motor Brushless Elektrik 600 watt dan dirancang untuk memberikan akselerasi yang menyenangkan untuk digunakan.

“Saat ini kita memiliki 20 unit yang bisa digunakan untuk yang dewasa, dan 6 unit untuk anak-anak. Panjang lintasan yang bisa digunakan untuk dewasa adalah 280 meter dengan 18 tikungan yang bisa memacu adrenalin pengunjung,” kata Daniel.

Untuk bisa memanfaatkan wahana ini, para pengunjung harus mengeluarkan biaya mulai dari Rp150 ribu untuk kelas pemula, Advance Rp250 ribu, dan Pro Rp325 ribu per sesi atau setara dengan tujuh menit. 

Baca juga: Pengelola Bandara Palembang bakal bangun arena gokart

Baca juga: Sentul berburu sertifikat internasional

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024