Jakarta (ANTARA) - BYD telah mengungkapkan niatnya untuk mengembangkan portofolio produknya lebih dari sekadar SUV di bawah sub-merek Fangchengbao, dengan mengungkapkan versi konsep supercar dan off-roader ukuran menengah yang tangguh.

Dikenal sebagai Super 9 dan Super 3, kedua mobil ini ditampilkan bersama Bao 5 dan versi produksi dari model Bao 8 yang sudah ada, menjelang peluncurannya di pameran motor Beijing tahun ini, menurut Drive, Kamis waktu setempat.

Mengingatkan kita pada Mercedes-Benz SLR McLaren Stirling Moss dengan desain tanpa atap, Super 9 diposisikan sebagai model halo Fangchengbao dengan gaya yang ramping dan agresif, dan powertrain listrik.

Baca juga: Yangwang pamerkan supercar di ajang pameran otomotif Guangzhou

BYD Fangchengbao Super 9 (ANTARA/BYD Fangchengbao)

BYD telah memiliki bentuk dengan supercar eksotis yang rendah, mengungkapkan U9 di bawah sub-merek mewah Yangwang tahun lalu.

Didukung oleh motor listrik ganda, U9 memiliki output daya gabungan 960kW dan, dengan penggerak yang dikirim ke keempat roda, dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 2,4 detik.

Dengan baterai “blade” BYD 80kWh, U9 juga dapat menempuh jarak hingga 450 km sebelum perlu diisi ulang, meskipun itu didasarkan pada China Light-Duty Vehicle Test Cycle (CLTC) yang tidak terlalu ketat. Tidak diketahui berapa jarak tempuh yang dapat dicapai oleh U9 berdasarkan standar WLTP yang lebih diterima secara luas.

Baca juga: Industri otomotif China rambah segmen "supercar"

Maka, diharapkan versi produksi Fangchengbao Super 9, yang dikabarkan akan disebut Bao 9, akan banyak meminjam dari sepupunya Yangwang U9 jika dan ketika berhasil diproduksi.

Sedangkan untuk konsep Super 3, konsep ini mempratinjau versi produksi yang kemungkinan besar disebut Bao 3 sesuai dengan konvensi penamaan Fangchengbao.

SUV ukuran sedang ini siap untuk merebut penjualan dari model-model lain seperti GWM Tank 300 dan bahkan Jeep Wrangler sebagai off-roader yang tangguh.

Tidak diketahui secara pasti apa yang menggerakkan Super 3, tetapi Bao 5 yang ada di Fangchengbao menggunakan mesin turbo-bensin 1,5 liter dan pengaturan motor listrik hibrida.

Baca juga: Pikap listrik pertama BYD akan hadir tahun ini

Jajaran kendaraan BYD Fangchengbao (ANTARA/BYD Fangchengbao)

Di bawah kap mesin Bao 5 yang lebih besar, powertrain menghasilkan output gabungan 505kW / 760Nm dan memiliki jarak tempuh listrik sepenuhnya sekitar 125 km.

Powertrain serupa diharapkan akan tersedia di bawah kap mobil pertama BYD, yang kemungkinan disebut Shark, yang akan diluncurkan akhir tahun ini untuk diperkenalkan di pasar Australia pada akhir 2024.

Rincian lengkap tentang Super 9 dan Super 3 diharapkan hadir saat pameran motor Beijing dibuka awal bulan depan.

Baca juga: Hypercar Bohema bertenaga Nissan GT-R buatan Praga mulai diproduksi

Baca juga: Supercar listrik Maserati GranCabrio Folgore 2024 diluncurkan

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024