Cccc Jakarta (ANTARA News) - Senior Executive Officer Service and Spare Part Division PT. Hino Motors Sales Indonesia, Irwan Supriyono menyebutkan bahwa pengguna atau pemilik truk dan mobil niaga harus secara rutin melakukan perawatan.

Perawatan yang dilakukan, kata Irwan bukan sekedar mengganti pelumas atau oli mobil saja, namun juga pemeriksaan lebih lanjut bagian-bagian mobil.

"Hanya saja kan banyak pemilik atau pengguna tidak disiplin terhadap perawatan rutin tersebut," katanya di Bekasi, Rabu.

Dia menyebutkan pemeriksaan berkala untuk sistem pengereman serta kopling harus dilakukan untuk meminimalisir terjadinya mogok pada truk. Bahkan, jika kampas rem sudah tipis bisa berakibat fatal seperti kecelakaan.

"Makanya saya beberapa kali diminta keterangan oleh polisi soal kecelakan-kecelakaan truk," tambahnya.

Selain itu, penggunaan truk harus sesuai dengan kemampuan kendaraan. Jika muatan kendaraan melebihi kapasitas, bisa memperpendek umur kendaraan tersebut.

"Tapi kan sekarang juga banyak yang tidak sesuai dengan kapasitas," katanya.

Dengan melakukan perawatan berkala, kemungkinan kendaraan untuk memiliki umur panjang lebih tinggi sehingga bisa lebih produktif. (Dny)
Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013