Jakarta (ANTARA) - Produsen otomotif dari Korea Selatan sedang membuat truk bernama Tasman untuk peluncuran 2025 di sejumlah negara.

Melansir laporan laman Motor1, Kamis (11/4), nama Kia Tasman terungkap setelah video singkat yang diunggah di akun YouTube Kia Worldwide. Nama tersebut dikabarkan merupakan usulan dari Kia cabang Australia, diambil dari Pulau Tasmania dan Laut Tasman.

Kia Tasman merupakan model global, namun, saat ini peluncuran yang sudah terkonfirmasi adalah untuk Korea Selatan, Australia, Afrika dan Timur Tengah. Mobil itu akan menjadi model konstruksi body-one-frame bagi Kia, setelah Mohave alias Borrego di China.

Baca juga: Kia akan investasi Rp447 triliun untuk mobilitas masa depan

Belum banyak spesifikasi teknis yang beredar soal Kia Tasman, namun, laporan di Australia menyebutkan truk itu akan menggunakan mesin turbodiesel. Kia juga dikabarkan menggunakan unit empat silinder seperti yang ada pada model Sorento.

Selain itu, Kia Tasman diprediksi akan dibuat dalam versi two-wheel-drive dan four-wheel-drive. Kia juga diperkirakan akan membuat truk Tasman dalam konfigurasi single-cab, dual-cab dan chassis cab.

Baca juga: PT MAB segera produksi truk berbasis baterai

Belum diketahui apakah Kia Tasman akan tersedia dalam versi hybrid. Kia sebelumnya berencana meluncurkan dua truk listrik pada 2027 .

Kia Tasman, ketika sudah diluncurkan, diperkirakan akan menjadi pesaing Ford Ranger, Volkswagen Amarok dan Toyota Hilux.

Baca juga: Ford tingkatkan produksi F-150 Lightning demi tekan biaya produksi

Baca juga: Tesla investasi Rp54 triliun produksi truk semi dan baterai di Nevada
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024