Jakarta (ANTARA) - StoreDot baru saja membagikan hasil uji coba yang luar biasa untuk baterai kendaraan listrik mereka, dalam sebuah penelitian pengisian cepat yang sudah dilakukan sebanyak 2.000 kali dengan hasil memberikan performa terbaik dan menjaga lebih dari 80 persen kapasitas aslinya.

Arena EV melaporkan pada Senin, Baterai StoreDot tidak hanya mampu menyelesaikan pengisian daya 10 persen hingga 80 persen dalam 10 menit. Namun kini, baterai tersebut telah terbukti melampaui standar industri dalam hal umur panjang.

Kemampuan bertahan yang mencatatkan hasil positif ini, terletak pada bahan silikon. Baterai StoreDot ini menukar grafit tradisional dengan baterai tersebut, sehingga memungkinkan baterai tersebut menangani tuntutan intensif dari apa yang disebut perusahaan sebagai pengisian cepat ekstrem (XFC).

Baca juga: Produksi baterai dalam negeri turunkan harga mobil listrik 30 persen

Hal Ini merupakan sebuah lompatan yang signifikan, dan investor-investor di pabrikan otomotif seperti Mercedes-Benz, Volvo, Polestar dan juga VinFast melihat peluang ini sehingga mereka sangat mendukung perusahaan ini.

Di masa mendatang, perusahaan ini memiliki target yang cukup luar biasa. Pada tahun 2026, mereka menargetkan pengisian daya selama empat menit, dan targetnya adalah tiga menit pada tahun 2028.

Tentu saja, menghadirkan teknologi ini dari laboratorium ke rumah konsumen adalah sebuah langkah besar yang perlu diambil perusahaan, dan hal ini tidak akan terjadi dalam semalam. Namun kemajuan StoreDot sangat menggembirakan dan banyak pihak yang menantikan berbagai kejutan lainnya untuk menyemarakkan ekosistem EV.

Baca juga: Tesla dan CATL diwartakan kerja sama kembangkan baterai mobil listrik

Baca juga: Nio dan CATL jalin kerja sama ciptakan baterai EV yang tahan lama

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024