Jakarta (ANTARA News) - Sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa para komuter menghabiskan waktu satu tahun 88 hari terjebak macet di sepanjang hidup mereka. 

Penelitian ini dilakukan oleh LHDCarSupermarket terhadap 50 pekerja kantor di Inggris. Mereka menghabiskan rata-rata 68 menit di jalan akibat kemacetan setiap harinya. 

"Saya tahu bahwa pada hari yang baik saya bisa sampai di tempat kerja dalam 20 menit, namun itu jarang terjadi," kata seorang pria yang terlibat dalam penelitian ini. 

"Hampir setiap hari saya menghabiskan setidaknya satu setengah jam di dalam mobil dan sebagian besar waktu yang saya habiskan, saya berjalan sangat lambat," katanya. 

Temuan ini mungkin dapat menggarisbawahi pentingnya melakukan perencanaan perjalanan yang akurat untuk menentukan rute tercepat di setiap pagi dan malam. 

Penelitian ini juga mengumpamakan, rata-rata waktu yang dihabiskan komuter terjebak kemacetan lalu lintas, sama dengan waktu perjalanan ke Mars dan kembali lagi ke Bumi, demikian seperti dilansir rac.co.uk.(*)
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013