Jakarta (ANTARA) - Kendaraan listrik menimbulkan beberapa ketidakpastian seperti ketahanan jangka panjangnya, terutama dalam kondisi jarak tempuh yang tinggi.

Namun demikian, salah satu pemilik Ford F-150 Lightning 2022 bernama Helium memberikan beberapa wawasan yang meyakinkan di F150LightningForum.

Mengutip Carscoops pada Minggu (17/3), Ford F-150 Lightning mampu bertahan cukup baik dengan kondisi kesehatan (battery health) mencapai 97 persen meskipun telah menempuh 93.000 mil atau hampir 150.000 kilometer dalam waktu kurang dari dua tahun.

Hal ini penting karena kesehatan baterai sangat mirip dengan kesehatan mesin. Jika tidak mendekati optimal, hal ini dapat menimbulkan kelemahan yang signifikan.

Baca juga: Ford diwartakan hentikan pengiriman F-150 Lightning 2024

Baca juga: Ford akan pangkas produksi F-150 Lightning


Mempertahankan 97 persen kesehatan baterai pada jarak hampir 100.000 mil (160.000 km) dapat menjadi alasan tambahan untuk lebih banyak beralih ke kepemilikan kendaraan listrik.

Tentu saja ini juga mewakili drivetrain yang tangguh dan keandalan yang tidak selalu dikaitkan dengan kendaraan listrik.

Berkurangnya kesehatan baterai paling sering dikaitkan dengan berkurangnya jangkauan keseluruhan.

Mesin pembakaran juga mengalami degradasi dan hilangnya efisiensi seiring berjalannya waktu, namun kendala bahan bakarnya tidak sama seperti kendaraan listrik.

Selama lebih dari 93.000 mil mereka telah melakukan beberapa perjalanan darat, mendaki gunung, berkendara di sekitaran pantai, dan menguji berbagai stasiun pengisian daya.

Sebagian besar pengisian daya terjadi di rumah dan mereka juga menghindari pengisian daya hingga 100 persen atau membiarkan truk turun di bawah 10 persen jika memungkinkan.

Dengan perencanaan yang baik, dia melaporkan perolehan keuntungan melalui penagihan gratis selektif kapan pun tersedia.

Terlepas dari semua itu, kesehatan baterainya menunjukkan 97 persen dan truk masih dapat mengisi daya hingga 99 persen dari kapasitas aslinya.

Menariknya, pengguna forum lain melaporkan penurunan kesehatan baterai yang sama dengan jarak tempuh yang jauh lebih sedikit pada odometer.

Meski begitu, Helium yakin para pengemudi tersebut perlu menemui Ford tentang kesehatan baterai mereka.

Produsen mobil tersebut secara khusus mengatakan bahwa mereka akan menjamin baterai untuk mempertahankan setidaknya 70 persen dari kapasitas aslinya (berbeda dari kesehatan secara keseluruhan) hingga jarak 100.000 mil.

Sebagai catatan, Helium mungkin menjadi pemilik F-150 pertama dengan jarak tempuh seperti ini, namun contoh tersebut tidak secara otomatis menjadi jaminan.

Kabarnya, kesehatan baterai akan sangat menurun dalam 10.000 mil berikutnya dan kisah sukses ini tidak akan terlihat begitu gemilang. Hanya waktu yang akan menjawabnya, tapi mudah-mudahan ini pertanda positif.

Baca juga: Ford dan Apple jalin kerja sama dalam perutean untuk F-150 Lightning

Baca juga: Ford tingkatkan produksi F-150 Lightning demi tekan biaya produksi

Baca juga: Ford F-150 Lightning kembali diproduksi usai "recall" masalah baterai

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024