Jakarta (ANTARA News) - Produsen kendaraan India, Tata Motors, mengklaim semua rangka dari mobil-mobilnya terbuat dari baja yang kuat dan tebal sehingga memberi jaminan keamanan bagi pengendara.

Presiden Direktur Tata Motors Indonesia Biswadev Sengupta mengemukakan hal tersebut dalam diskusi disela acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013.

"Faktor keamanan tentu sangat penting. Dan Tata membuat mobil yang tangguh, baik itu kendaraan komersial maupun penumpang. Semuanya terbuat dari bahan yang kuat," ungkap Biswadev.

Dia menegaskan bahwa rangka baja kuat adalah keunggulan dari kendaraan yang diproduksi Tata Motors.

"Fitur keamanan seperti airbag dan Anti-Lock Brake System itu sudah biasa, tapi rangka mobil yang tangguh dan berkualitas itulah yang unik dari kami," paparnya.

Garansi lima tahun yang dijanjikan Tata Motors juga menjadi jaminan bahwa merek asal India itu berani memegang komitmennya sebagai mobil yang mengusung fitur keamanan. 

"Kami berani memberi garansi lima tahun karena kami percaya diri bahwa Tata Motors memang berkualitas," kata Biswadev.

Manager Public Relations Tata Motors Indonesia, Fajar Harianto, mengungkapkan hal serupa. 

"Rangka mobil kami memang lebih tebal sehingga lebih kuat. Jadi body mobil Tata bukan body kaleng," imbuhnya.

Dia juga menyebut bahwa mobil Tata Motors sudah melewati uji kelayakan dan uji keselamatan lewat crash test, termasuk Tata Nano.

"Nano sudah melewati crash test dari Tata Motors. Kalau mau dipasarkan ke Eropa harus lolos crash test dengan standar Eropa dan Nano sudah lolos uji pada 2009."
Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013