Jakarta (ANTARA News) - Tata menampilkan kendaraan niaga Super ACE varian angkutan kota (angkot) bermesin diesel turbocharged pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013.

"Mesinnya turbo diesel 1.400 cc, daya angkutnya  14 penumpang di belakang ditambah satu yang di sebelah supir," kata CEO Tata Motors Indonesia Biswadev Sengupta ketika ditanya wartawan.

Angkot turbo diesel itu dibuat oleh salah satu karoseri di Jawa Barat.

Sengupta menjelaskan Super ACE baru akan diluncurkan beberapa bulan mendatang oleh Tata Motors, merek otomotif asal India.

"Ini mungkin bukan angkot biasa, tapi angkot limousine," kata Biswadev.

Tempat duduk penumpang belakang sama seperti pada angkot umumnya yaitu berhadapan membelakangi jendela. Bedanya, angkot itu dilengkapi peralatan hiburan LCD 19 inci di langit-langit.

Selain itu, pengemudi dimanjakan dengan power steering sistem rack & pinion, AC dan power window yang merupakan fitur standar Super ACE tipe DLE.

Tombol power window tidak terletak di pintu tapi di konsol tengah layaknya kendaraan mewah. Terdapat pula power socket serta lighter.

Pihak Tata belum merilis harga untuk Super ACE pick up maupun angkot, namun seorang sales di lokasi memperkirakan harganya akan berkisar Rp120-an juta.

Mesin 4-stroke diesel turbocharged intercooled menghasilkan 70 tenaga kuda pada 4.500 rpm dan kecepatan maksimumnya 125km/jam. Torsi maksimumnya 125 Nm@2.500rpm sedangkan emisinya masuk kategori EURO III.

Menurut spesifikasinya, Tata ACE rata-rata mengkonsumsi 1 liter solar setiap menempuh 14 kilometer.

Super Ace menjadi pemain satu-satunya untuk untuk pickup diesel di bawah 2.000 cc.

"Kemampuan Tata Ace tak jauh dari pickup bermesin diesel 2,5 liter merek lain di Indonesia, padahal mesin kami 1,4 liter," kata  Sengupta.

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013