Jakarta (ANTARA News) - Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo menyebut bisnis Toyota sebagai pohon yang memiliki akar, batang dan buah.

"Bagian terpenting sebuah pohon adalah akarnya, yaitu prinsip-prinsip Toyota. Kemudian, batangnya adalah bisnis Toyota itu sendiri dan buah adalah produknya," kata Rahmat Samulo di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Minggu.

Samulo mengatakan karena menganggap bisnis sebagai pohon, maka Toyota sangat menaruh perhatian kepada masyarakat dan lingkungan.

Oleh karena itu, Toyota selalu mendesains mobil-mobilnya sesuai dengan penggunaan, kebutuhan masyarakat dan kondisi alam Indonesia yang tercermin dari Kijang Innova, Avanza, dan yang terbaru Agya.

"Terutama Agya yang saat ini menjadi idola baru, murni didesain dan dikembangkan di Indonesia," ujarnya.

Pohon bisnis Toyota juga tercermin dari struktur bisnis yang sudah memiliki jaringan di seluruh Indonesia sehingga perusahaan ini bisa melayani masyarakat Indonesia mulai penjualan hingga layanan purna jual.

Perusahaan otomotif ini kini  memiliki lima dealer utama dengan total 251 outlet di seluruh Indonesia dan sampai akhir akan bertambah menjadi 270 outlet.

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013