Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Perusahaan teknologi asal China Build Your Dreams (BYD) pada pertengahan Januari lalu resmi meluncurkan tiga kendaraan listrik di Indonesia, salah satunya adalah Seal.

Mobil listrik model sedan premium ini hadir sebagai lini paling mewah dengan menawarkan berbagai keunggulan, mulai dari desain, teknologi, hingga performa.

ANTARA berkesempatan menjajal performa BYD Seal tipe Performance atau varian tertinggi dengan penggerak empat roda (AWD), dalam kegiatan tes berkendara media di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (5/2).

Kegiatan itu digelar untuk memberi kesempatan kepada media merasakan performa dan keandalan mobil listrik tersebut saat dibawa dalam kecepatan tinggi.

Dalam tes tersebut, ANTARA ditantang untuk melewati sejumlah rintangan yang disediakan, mulai dari jalan bergelombang, tikungan tajam, hingga bermanuver zig zag melewati cone.

Baca juga: BYD bakal resmikan delapan showroom

Saat melewati berbagai rintangan, pengalaman berkendara BYD Seal menawarkan kombinasi yang seimbang antara handling, bantingan, dan akselerasi.

Rasa handling mobil ini terasa responsif dan mudah dikendalikan, memberikan kepercayaan pengemudi saat melalui tikungan tajam dan bermanuver zig-zag melewati cone.

Dari sisi bantingan, sistem suspensi BYD Seal terasa tidak terlalu empuk, lebih ke arah sporty yang membuat berkendara menjadi lebih stabil. Saat melewati jalan bergelombang, mobil ini tetap memberikan kenyamanan kepada penumpang.

Bicara soal performa, akselerasi BYD Seal, terutama pada varian Performance dengan penggerak empat roda, memberikan pengalaman mengesankan.

Baca juga: BYD sebut pra-pemesanan sedan Seal menjanjikan

Mobil ini diklaim memiliki akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 3.8 detik. ANTARA berhasil mencapai kecepatan sekitar 160 km/jam saat meluncur di lintasan lurus sejauh 400 meter.
Mobil listrik BYD Seal melintas dalam kegiatan tes berkendara media di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (5/2/2024) (ANTARA/Fathur Rochman)


Mobil ini memberikan daya dorong yang kuat, sehingga menciptakan sensasi berkendara yang dinamis dan menyenangkan.

Secara keseluruhan, BYD Seal memberikan rasa berkendara yang memadukan kenyamanan, kestabilan, dan performa akselerasi yang memuaskan.

Hal ini membuat mobil yang bersaing dengan Tesla Model 3 tersebut menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang menginginkan pengalaman berkendara listrik yang menyenangkan, sporty, dan berperforma tinggi.

Baca juga: Penjualan mobil listrik BYD meningkat 48 persen Januari 2024

Desain dan fitur

BYD Seal menampilkan desain eksterior bertema "ocean aesthetics," terinspirasi oleh Ocean X milik Ray Dalio. Desain eksterior menonjolkan hubungannya dengan laut melalui lampu LED siang hari yang menggambarkan pergerakan ombak dan lampu belakang yang membentuk tetesan air bercahaya.

Bagian depan dengan garis kap mesin dan bemper yang menyatu menciptakan kesan modern. Lampu belakang full LED dengan aksen X memberikan kesan unik dan futuristik, sementara lengkungan di roda depan menambahkan sentuhan desain yang mengingatkan pada insang hiu.

Interior BYD Seal dirancang dengan kemewahan dan kesan sporty. Panoramic glass roof menciptakan kabin yang lapang. Dengan teknologi UV resistance double glaze, panas dari luar bisa tertahan dan suara di dalam kabin dapat tetap kedap.

Baca juga: BYD hadirkan "senar bas" pada pintu Atto 3, apa fungsinya?
Interior Mobil listrik BYD Seal (ANTARA/Fathur Rochman)
Interior Mobil listrik BYD Seal (ANTARA/Fathur Rochman)
Interior Mobil listrik BYD Seal (ANTARA/Fathur Rochman)


Jok yang ergonomis, fitur entertainment premium berukuran 15.6 inci yang dapat dirotasi, speaker HIFI Dynaudio yang dapat memanjakan telinga dan voice command, dan Windshield Head-Up Display (W-HUD) menambahkan nilai kenyamanan dan kepraktisan dalam berkendara.

Teknologi Blade Battery menjadi salah satu poin unggulan, yang diklaim dapat meningkatkan efisiensi dan masa pakai baterai. Proses pengisian daya juga menjadi lebih cepat, mencapai 150 kW untuk meningkatkan kepraktisan.

BYD Seal meraih peringkat keamanan bintang lima dari Euro NCAP dan telah dilengkapi sejumlah fitur keamanan seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS), kantong udara, dan kamera 360 beresolusi tinggi.

Baca juga: Pabrik baterai yang diinvestasikan oleh FAW-BYD resmi beroperasi

BYD Seal menawarkan tiga varian dengan jarak tempuh maksimal yang berbeda. Varian Dynamic mampu menempuh jarak hingga 510 km, Premium dengan jangkauan hingga 650 km, dan varian Performance dengan jarak tempuh hingga 580 km.
Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024