Jakarta (ANTARA News) - Mobil terjangkau dan ramah lingkungan (LCGC), Astra Toyota Agya tampil dengan fitur keamanan pada semua varian, dengan menyematkan SRS airbag. 

"Toyota berkomitmen penuh terhadap keselamatan, karena itu kami menyematkan airbags pada Agya," kata Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan, pada peluncuran LCGC Astra Toyota Agya, di Jakarta, Senin.

Diakui dia, penyematan fitur duals airbags pada sisi pengemudi dan penumpang bagian depan, menyebabkan harga Agya berada di atas saudara kembarnya Astra Daihatsu Ayla.

Agya dipasarkan dengan harga on the road Jakarta mulai dari Rp99,9 juta  (untuk tipe E bertransmisi manual) sampai dengan Rp120,75 juta per unit  (untuk tipe TRS S).

Sedangkan Ayla dipasarkan dengan harga mulai dari Rp76 juta (tanpa AC, tanpa audio, tanpa airbags) sampai Rp106 juta.

Selain fitur keselamatan, kata Johnny, Agya juga disematkan teknologi lainnya seperti transmisi otomatis dan aksesoris TRD S yang membuat mobil tersebut lebih gaya dan sporty.

"Sesuai regulasi pemerintah (Peraturan Menteri Perindustrian), bila ada tambahan fitur keselamatan, harga bisa disesuaikan," ujar Johnny menanggapi pertanyaan harga varian Agya yang sebagian besar menembus angka Rp100 juta per unit, padahal ketentuan pemerintah, harga LCGC di bawah Rp100 juta per unit.

Selain itu, ia meyakinkan bahwa mesin 1 KR  1.000cc dengan tiga silinder  yang dipasang pada Astra Toyota Agya telah memiliki standar terbaik untuk kategori mesin yang irit bahan bakar dengan emisi gas buang yang rendah.

Mesin KR 998cc DOHC Fuel Injection tersebut menghasilkan tenaga 65 ps pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 8,8 khm pada 3.600 rpm.

"Di laboratorium konsumsi BBM Agya mencapai 21 km/liter, sedangkan emisi gas buangnya telah mengikut batas standar yang ditentukan pemerintah," ujar Direktur Pemasaran TAM Rachmat Samulo menambahkan.

Ia menargetkan penjualan Agya bisa menembus angka 5.000 unit per bulan, sehingga sampai akhir tahun mencapai 15 ribu unit. "Kami membidik pembeli mobil baru," katanya.   (*)
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013