Jakarta (ANTARA) - PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) menanggapi produk kendaraan niaga terbaru dari Toyota, Hilux Rangga, yang akan segera diluncurkan di Indonesia, menyaingi mobil niaga andalan Suzuki Carry.
 

“Kami menerima kompetisinya dengan sehat, kami senang untuk bisa terus mengkampanyekan bahwa Suzuki Carry memang masih market leader (menguasai pasar) bila menurut catatan penjualan retail di tahun 2023,” ujar 4W Marketing Director PT. SIS Harold Donnel pada jumpa pers di kawasan Cikeas, Kabupaten Bogor, Kamis.
 

Sebenarnya, spesifikasi Hilux Rangga dan Carry pikap sangat berbeda namun keduanya akan sama-sama mengincar segmen komersial pikap single cabin (kabin tunggal).

Baca juga: Toyota Rangga Concept akan mengaspal 2024 dengan bawa nama Hilux
 

Dengan Hilux Rangga yang dikabarkan diluncurkan bulan ini, mobil niaga serbaguna yang dapat dikonversi menjadi segala jenis kebutuhan itu sangat mungkin mengganggu Carry pikap sebagai penguasa pasar niaga ringan. Meski begitu, Harold tetap percaya diri Suzuki mampu mempertahankan posisinya.
 

“Kami terus tertantang untuk bisa membuktikan bahwa kami masih pemimpin pasarnya di segmen niaga, niaga ringan khususnya,” Harold menambahkan.
 

Dari beberapa segmen komersil atau niaga ringan, Harold menyebut dua pasar terbesar Suzuki di kategori tersebut ialah Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) dan usaha perkebunan.
 

Pada perkenalan Hilux Rangga, yang sebelumnya masih berupa mobil konsep di ajang Japan Mobility Show, Tokyo, Jepang, Oktober 2023 lalu, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy sempat mengatakan kepada ANTARA bahwa Hilux Rangga didesain untuk juga membidik pasar tersebut.
 

Anton mengatakan, Hilux Rangga merupakan penanda komitmen Toyota untuk merebut pasar kendaraan niaga.

Baca juga: Toyota Rangga Concept bakal diluncurkan awal 2024
 

“Bahwa Toyota beralih serius ke dunia komersial, kali ini kita punya Hi-Ace yang relatif sukses di dunia travel dan commuter, kemudian kita juga punya Hilux yang tahun ini kembali menjadi nomor satu di pickup 4x4. Sekarang kita akan masuk ke pickup 4x2 (Hilux Rangga),” ujar Anton.
 

Diketahui, Suzuki Carry, yang dikenal sebagai “Rajanya Pick Up” menutup 2023 dengan torehan prestasi penjualan yang cemerlang.
 

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan Carry berhasil mendominasi dan mengungguli penjualan kendaraan komersial ringan secara nasional dengan angka penjualan sebanyak 44.391 unit sepanjang 2023. Perolehan ini sekaligus berkontribusi sebesar 54 persen untuk penjualan retail Suzuki secara keseluruhan.

Baca juga: Toyota bawa Rangga Concept ke Japan Mobility Show 2023
 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024